Aktifkan PPK dan PPS, KPU Surabaya Siap Lakukan Tahapan Pilwali 2020

5
216

Surabaya NAWACITAPOST – KPU Surabaya mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pengaktifan Kembali Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Tahun 2020. Minggu (14/06/2020)

Acara yang bertempat di Graha Swara Lantai 3 Kantor KPU Surabaya diikuti oleh 31 Ketua PPK se-Surabaya.

Rakor dibuka oleh Ketua KPU Surabaya, Nur Syamsi. “Tatkala undang-undang menyatakan melanjutkan pemilihan kita sebagai implementator harus melanjutkan pemilihan dan mensukseskan,” jelas Syamsi dalam sambutannya.

“Pengaktifan kembali sebagai PPK dan PPS dimulai dengan surat pernyataan bahwa masih memenuhi syarat sebagai penyelenggara,” ujarnya kembali.

Selanjutnya masing-masing komisioner memberi pengarahan.

Muhammad Kholid selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan menyampaikan bahwa PPK dan PPS harus familier dengan aplikasi zoom apalagi pada masa new normal.

Naafilah Astri Swarist Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi menyatakan perlu membaca dan memahami PKPU No. 5 Tahun 2020 tentang Tahapan Pemilihan.

PPK dan PPS mulai diaktifkan dan pelantikan direncanakan besok Senin (15/06/2020).

Lebih lanjut Naafilah menyampaikan bahwa demi keamanan penyelenggara, peserta dan pemilih harus menggunakan standar protokol yang sudah ditetapkan.

“Pada saat coklit petugas pemutakhiran data akan dibimtek tersendiri dan diharapkan rekan-rekan dari divisi data dan Ketua untuk ikut serta,’ jelasnya.

Selanjutnya Soeprayitno Divisi Hukum dan Pengawasan menuturkan jelang diaktifkannya kembali PPK dan PPS ada pesan dari Ketua KPU RI pada hari jadi DKPP.

“Tiga (3) pesan yaitu transparan, integritas dan kualitas. PPK dan PPS harus saling mengingatkan satu sama lain agar tahapan bisa berjalan lancar,” ungkapnya.

Sesi terakhir, Subairi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM memaparkan materi tentang Pengaktifan Kembali PPK dan PPS pada Pemilihan Tahun 2020 yaitu membuat SK pengaktifan kembali PPK, PPS, Sekretariat PPK dan PPS, Mekanisme PAW, Protokol Covid-19 dan Surat Pernyataan Sehat Covid-19.

Sumber : Humas KPUD Surabaya

Comments are closed.