Menarik, Koarmada II Bagikan Bantuan di Atas KRI-Makasar 590

0
442

Surabaya NAWACITAPOST – Dalam upaya meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19, Komando Armada II berbagi 3000 paket bantuan sembako kepada  para Nelayan dari wilayah Kenjeran, Bulak dan Bangkalan.

Menariknya, acara yang diberi titel “Peduli Kasih Dampak Covid TNI AL Wilayah Surabaya” ini mendistribusikan bantuannya diatas KRI Makasar 590 yang berada ditengah selat Madura. Jumat (12/6/20).

Selain Pangkotama TNI AL wilayah Surabaya, giat juga dihadiri seluruh jajaran Forkopimda Jatim antara lain Gubernur, Kapolda dan Kejaksaan Tinggi Jatim. Dan sebagai Perwira Tertua (Pater), Pangkotama juga melibatkan Kotama TNI AL lainnya yakni Kodiklatal, AAL, STTAL, DISPSIAL, PASMAS-2, Puspenerbal dan Rumkital dr. Ramelan.

Dalam sambutannya, Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto menjelaskan bahwa giat ini didasari Telegram Panglima TNI No. No.TR/393/2020 tanggal 31 Maret 2020, dan Telegram No.418/SOPS/0420 tentang dukung distribusi logistik.

Dalam hal ini beliau menegaskan jika sebagai komponen TNI, seluruh institusi TNI AL di wilayah Surabaya secara prinsip mendukung kebijakan Pemerintah daerah dalam upaya menekan meluasnya penyebaran penularan virus Covid-19, termasuk persiapan atau transisi penerapan kehidupan normal baru atau New Normal terhadap masyarakat.

Panglima Koarmada II melanjutkan, Kegiatan sosial ini betujuan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai Nelayan, yang terdampak Covid-19 sehingga mengalami penurunan penghasilan yang berimbas pada kesulitan untuk pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari.

Tercatat ada 3000 paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, margarin, gula pasir, kecap dan sarden. Terkait hal hal ini, Pangkoamada II mengapresiasi seluruh pihak yang turut membantu dalam penyelenggaraan giat ini, Gubernur, Kapolda dan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, serta Yayasan Budha Tzu Chie.

Selain aksi sosial, peduli dampak Covid dari TNI AL juga diwujudkan dalam kontribusi terhadap program ketahanan pangan Pemerintah pusat, guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan pangan. Hal tersebut diwujudkan melalui penggarapan lahan kosong disekitar Koarmada II menjadi lahan perkebunan sayur dan buah-buahan, dan juga budi daya ikan.

Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto berharap kegiatan sosial ini dapat memberikan manfaat bagi Nelayan, sekaligus memberi mereka semangat karena TNI selalu ada bersama rakyat dalam melawan Covid-19. (BNW)