Upika Kecamatan Tualang Terbitkan Aturan Pembukaan Kembali Rumah Ibadah Dan Sosialisasikan Syarat untuk Penyelenggaraan Tempat Ibadah

2
249

Siak,Nawacitapost.com – Upika Tualang telah menyetujui dan memberi kesempatan Supaya rumah Ibadah untuk bisa melaksanakan Kegiatan ibadah di Mesjid,Gereja dan Bihara.
berdasarkan Keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor 440-830 Tahun 2020,Tentang Pedoman Tata Normal Baru Produktif Dan Aman Corona Virus Disease 2019. Dan Surat Edaran Mentri Agama Republik Indonesia No 15 Tahun 2020 tentang paduan Penyelenggaran Kegiatan Keagamaan Di Rumah Ibadah dalam mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid 19 di masa pandemi.

Ka.KUA Kantor Urusan Agama di kecamatan Tualang, Nazamudin Pohan,SHI Bersama Kapolsek Tualang AKP.Faizal Ramzani,SH,SIK,MH.Penghulu,DRS.H.Khairudin,Panit Reksrim Polsek Tualang,Iptu Irsan.Rinaldi. Saat Nawacitapost.com Silaturahmi di Ruangan Kepala KUA Kecamatan Tualang. Kamis,(04-06-2020)

Tim Nawacitapost.com saat Silaturahmi di Ruangan Kepala KUA Kecamatan Tualang

Ka. KUA Kecamatan Tualang, Nazamudin Pohan,SHI, menyampaikan,Di harapkan bagi jemaah setiap rumah ibadah dapat mematuhi protokol yg dibuat oleh pemerintah,demi menjaga kesehatan kita semua.Jelasnya.

Baca Juga : Kepedulian Persaudaraan Cluster Mentari Alam Sutera Kepada Warga Terdampak Covid-19 di Wilayah Paku Alam

Lanjutnya,mulai Besok surat Keterangan ini Rumah Ibadah Aman Covid 19 dan Surat Pernyataan Pemimpin Tempat Ibadah, Kita akan Bagikan di Setiap Tempat – Tempat Ibadah seperti Mesjid,gereja Bihara yang ada di Kecamatan Tualang dengan di bantu oleh Sat Polsek Tualang Melalui Bhabin Kamtibmas,tutur, Nazamudin.

Surat Keterangan Tempat Ibadah Aman Covid-19
Surat Pernyataan

Kapolsek Tualang,Akp Faizal Ramzani,SH,SIK,MH Menjelaskan, syarat mengikuti protokol kesehatan yang di tetapkan dalam Syarat syarat Pelaksanaan sdh tercatat Dalam formulir ini yang akan Di bagikan Kepada Pengurus dan pemimpin Tempat ibadah agar Setiap rumah ibadah agar mengisi Formulir Permohonan yang telah di keluarkan oleh Camat Zalik Effendi.S.sos Selaku Ketua Gugus Tugas Kecamatan Tualang dan di isi Surat penyataan Dari Ka.Kua Kecamatan Tualang yang menyatakan rumah ibadah bebas covid – 19 dan bersedia mengikuti seluruh persyaratan yang ditentukan. dan Di tanda tangani oleh Pengurus dan Pimpinan Tempat ibadah kata,Faizal.

Dilanjutkannya, kepada pimpinan pengurus Tempat Ibadah,harus menyiapkan petugas untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah. Melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan secara berkala. Membatasi jumlah pintu keluar/masuk menyediakan Tempat Cuci tangan,sabun dan handsanitizer di pintu masuk/ keluar, Memakai Masker,Mengatur jarak,kalau di gereja Kursi di kasih jarak Satu meter, guna memudahkan penerapan dan pengawasan terhadap protokol kesehatan,Seterusnya juga menyediakan alat untuk pengecekan suhu badan,” terang. Faizal.

Ketua Gugus Tugas Kecamatan Tualang Sekaligus Camat Tualang,Zalik Effendi,S.Sos Saat di konfirmasih Melalui WhatsApp Pribadinya Mengatakan Di harap semua masyarakat melaksanakan dan mentaati aturan dari pemerintah sesuai himbauan tersebut.ucap,Effendi.

Surat edaran ini di terbitkan sebagai respon atas kerinduan umat bergama untuk dapat kembali melaksanakan ibadah di rumah ibadah masing – masing dengan tetap menaati protokol kesehatan, terutama dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 dan perlindungan masyarakat dari resiko dampaknya.

Selain itu,lanjut Zalik, dalam ketentuan Surat Edaran & Himbauan tersebut juga dikatakan pengurus rumah ibadah juga harus benar- benar menjalakanya dengan baik – baik. Sedangkan untuk masyarakat juga diwajibkan melakukan jemaah dalam kondisi sehat. Meyakini tempat ibadah tersebut telah memiliki surat keterangan aman Covid-19 dari pihak yang berwenang. Selalu menggunakan masker selama berada di dalam rumah ibadah. Menjaga kebersihan tangan dengan selalu melakukan cuci tangan. Menghindari kontak fisik seperti salaman atau berpelukan. Menjaga jarak dengan jamaah minimal 1 meter,” imbuhnya.

Surat edaran atau himbauan ini untuk dipedomani untuk seluruh umat beragama, selama menjalankan ibadah di rumah ibadah masing – masing selama masa pandemi Covid-19 ini.

“Sedangkan untuk masyarakat juga diwajibkan melakukan jemaah dalam kondisi sehat. Meyakini tempat ibadah tersebut telah memiliki surat keterangan aman Covid-19 dari pihak yang berwenang. Selalu menggunakan masker selama berada di dalam rumah ibadah. Menjaga kebersihan tangan dengan selalu melakukan cuci tangan.Menghindari kontak fisik seperti salaman atau berpelukan. Menjaga jarak dengan jamaah minimal 1 meter,” imbuhnya.

Surat Edaran (SE) ini untuk dipedomani untuk seluruh umat beragama, selama Menjalankan¬† ibadah di rumah ibadah masing – masing selama masa pandemi Covid-19 ini.ungkap,Zalik Effendi.,”

Sokhiaro Halawa, (Nawacitapost.com, Kabupaten Siak)

Comments are closed.