Info Terkini Penanganan Covid 19 Provinsi Lampung, dan Kesiapan Menghadapi New Normal

5
327

Bandar Lampung, NAWACITAPOST- Pemerintah provinsi Lampung melalui Gugus Tugas Penangan Covid 19, hari Senin (01-062020) menyampaikan perkembangan Global Covid 19 yang disampaikan Oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr.dr.Hj.Reihana.M.kes di Posko Satgas Terpadu Pemerintahan Provinsi Lampung.

Pada penyampaian Data dan Informasi tersebut, Reihana Memaparkan perkembangan dan situasi terkini, Dia menyebutkan orang dalam pantauan (ODP) sejumlah 3.179 orang , 3.130 yang sudah dipantau selaman 14 hari, yang masih dalam pemantauan 42 orang, yang meninggal dunia dalam pantauan sejumlah 7 orang.

Untuk Pasien Dalam Pantauan (PDP) sejumlah 111 orang, yang masih dirawat diruang isolasi rumah sakit rujukan sejumlah 17 orang , 73 orang yang berstatus negatif sudah pulang pada ODP , yang meninggal dalam status PDP 21 orang .

Baca Juga : Dampak Covid 19, Pilot Garuda Indonesia di PHK

Kemudian Kasus yang terkonfirmasi Covid 19 sejumlah 135 orang , 50 orang status yang dirawat dirumah sakit rujukan provinsi Lampung , yang meninggal 11 orang , yang sembuh 74 orang

Terkait yang terkonfirmasi positif, Reihana ! dalam Relese yang dibacakan, menyebutkan terdapat tambahan sejumlah 2 orang dengan nomor pasien 134/ usia 28 tahun/ jenis kelamin perempuan/ asal kota bandar Lampung, selanjutnya pasien nomor 135/ usia 52 tahun/ jenis kelamin perempuan/ asal kota bandar Lampung.

Sementara yang sembuh sejumlah 3 orang yaitu pasien nomor 91/usia 37 tahun / jenis kelamin perempuan/ asal kabupaten Lampung Selatan. Pasien nomor 104/usia 33 tahun /jenis kelamin perempuan/ asal kota bandar Lampung. Dan pasien nomor 110/usia 58 tahun / jenis kelamin perempuan / asal kabupaten pesawaran.

Penerapan New Normal

Kesiapan Pada tatanan baru diprovinsi lampung , Reihana menjelaskan bahwa ; berdasarkan regulasi kempmendagri nomor : 440/830/2020, tentang pedoman tatanan new normal baru produktif dan aman Covid 19 bagi ASN dilingkungan Kemendagri dan pemerintah Daerah serta berdasarkan kriteria WHO , Terdapat 3 indikator berdasarkan kriteria WHO dan Kepmendagri menuju New Normal , yaitu kondisi epidemiologi, Kemampuan Daerah dalam penanganan kesehatan terinfeksi Covid 19 dan kemampuan daerah penyelusuran kontak di masyarakat dengan ODP, PDP serta orang yang di mantapkan dalam protokol kesehatan tentang pelayanan kesehatan.

Sementara WHO, masih menurut Reihana ; telah mengeluarkan kriteria tentang penyesuaian terkait kehidupan sosial kemasyarakatan dan ekonomi, yaitu secara epidemiologi, Situasi kesehatan dan sistem surveiland.

Untuk wilayah Kabupaten / kota diprovinsi Lampung masih diperlukan lakukan rapid test secara masal bertujuan agar dapat memantau perkembangan Covid 19 dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing Dearah,

Penyakit Covid 19 merupapakan penyakit viral , yang perlu dipertahankan adalah imunitas tubuh, dan rata -rata Hasil evaluasi setiap pasien menjalankan perawatan selama 14 hari, karena disaat itu adalah masa inkubasi bagaimana situasi kondisi pasien dalam masa tersebut bertarung dengan virus, selanjutnya bagaimana situasi dan kondisi pasien tersebut

Pada akhir Penyampaian, Reihana mengajak kepada semua pihak, bahwa pelaksanaan New Normal diperlukan Sosialisasi, Edukasi, prakondisi, dan simulasi dan selalu lakukan protokel kesehatan. Tutupnya .

Sumber : Dinas Kominfotik Lampung

Koresponden : Ashari Hermansyah

Comments are closed.