Pasien Positif Corona di Jawa Timur terus bertambah

0
211
Pasien Positif Corona di Jawa Timur terus bertambah

NAWACITAPOST- Pasien positif corona di Jawa Timur terus bertambah secara masif disebabkan kian cepat hasil swab yang dilakukan. Bahkan pengumuman terbaru hari Minggu 31 Mei 2020 ini Jawa Timur menjadi daerah dengan penambahan pasien positif corona terbanyak, yakni 244 kasus.

Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jawa Timur dr. Joni Wahyuhadi mengatakan penambahan pasien positif corona baru di Jawa Timur disebut lantaran kian masifnya pelaksanaan tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Dengan PCR yang cepat, maka ketepatan aang terkonfirmasi lebih cepat. Tapi tentu, dengan PCR cepat, positif lebih banyak, diharapkan nanti isolasi dan perawatan lebih tepat,” ujar Joni saat berada di Bakorwil III Malang, Minggu (31/5/2020).

Joni menambahkan dengan kecepatan keluarnya hasil tes PCR bisa lebih memudahkan perawatan dan pemulihan pasien – pasien corona.

“Jadi kita lakukan PCR, kita isolasi, kita treatment (pemulihan). Makanya itu satu paket, diagnostik PCR dengan rumah sakit lapangan itu satu paket,” ungkapnya.

Baca Juga : Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun ini, Jokowi : Menguji Daya Juang Kita Sebagai Bangsa

Maka tak heran bila menurut Joni, jumlah angka pasien positif corona di Jawa Timur akan terus melonjak tajam terlebih pasca kehadiran dua unit mobil PCR bantuan dari Satgas Covid-19 pusat. Meski demikian, pihaknya terus akan mencoba melakukan optimalisasi laboratorium – laboratorium dan mobil PCR yang ada di Jawa Timur.

“Nanti segera akan kita otimasi (pengetesan swab menggunakan PCR), dua sampai tiga hari akan bisa jalan. Tujuannya untuk melakukan PCR dengan cepat,” pungkasnya.

Sebagai informasi hingga Minggu sore 31 Mei 2020 pasien positif corona di Jawa Timur bertambah 244 kasus menjadi 4.857 kasus. Angka penambahan pasien positif corona ini melebihi DKI Jakarta pada hari Minggu ini dengan kenaikan 118 kasus, menjadi 7.348 kasus.