Penghulu Perawang Barat membagikan BLT Tahap Ke ll ( Kedua)

0
452
Penghulu Perawang Barat membagikan BLT Tahap Ke ll ( Kedua)

Siak, NAWACITAPOST- Penghulu Perawang Barat Faisal,Shi  (Tengah ) saat membagikan  menyerahkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) kepada Warga Perawang  di Ruagan Aula balai kantor Penghulu Perawang Barat,Jumaat (29/05/2020).

Salah satu Kantor Penghulu perawang Barat yang mulai mencairkan bantuan Tahap Kedua, yang berada di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Bantuan tersebut di sampaikan  kepada masyarakat yang  terdampak atau miskin baru ini, di luar dari mereka yang belum atau tidak terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Pemerintah dari pusat sampai daerah pasti memikirkan dampak sosial dari adanya Covid-19 ini. Jangan sampai ada yang kelaparan dengan adanya pandemi Covid-19. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Desa kemudian memperbolehkan dana desa untuk BLT dan program padat karya desa selama masa pandemi Covid-19,”ujar Faisal.

Baca Juga : Tim Buser Polsek Perawang Amankan Pelaku Pencurian Uang dari Kotak Infaq

Sela acara sebelum di mulai  penerimaan BLT kepada warga yang  terdampak di Perawang Barat

Aturan tersebut memperbolehkan pihak desa atau penghulu mencairkan BLT sebesar Rp 600.000 kepada setiap keluarga terdampak di luar PKH dan penerima BNPT.jelasnya,faisal.

Dengan setiap desa atau  penghulu  harus lebih dulu melakukan pendataan  tahap – tahap sebelum menerima bantuan tersebut serta menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes).

“Kalau di Perawang Barat warga menerima sebanyak   236 Per Kepala keluarga, jelasnya.Faisal.

“Serta sesuai arahan dari pemerintah melalui Kementerian Desa, karena  Kabupaten  Siak ini sudah melakukan PSBB maka semua bantuan harus disalurkan dalam 14 hari,” lanjut Faisal.

Guna mencegah adanya salah sasaran terhadap penerima BLT, Pemkab melalui Desa akan memantau pelaksanaan penerimaan bantuan.

Kendati dalam hal ini, sebelum  warga penerima langsung terlebih dahulu masing Peserta  di data oleh petugas  dengan membawa Fotocopy Kartu keluarga ( KK ) dan Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) untuk  menerima bantuan  langsung  yang di di tunjuk dan Saya selalu mendampingin Petugas yang di tunjuk,Faisal.

Salah satu Warga  penerima Tahap Kedua BLT Rp 600.000  Per Keluarga, sangat senang dan berterimaksih  kepada Pihak Pemerintah Melalui  dana Desa perawang Barat, yang telah di cairkan atau di bagikan tahap kedua ini Diklaim Sudah Tepat Sasaran,”

Reporter : Sokhiaro Halawa, Nawacitapost.com, Kabupaten Siak