Pemerintah Kabupaten Nias Utara Salurkan Bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

0
167
Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19, Yaadil Telaumbanua || Nias Utara

Nias Utara, Nawacitapost.com – Dimasa pandemi covid-19 yang sudah menyebar di seluruh dunia, berbagai usaha dan aktivitas lumpuh, sehingga membuat perekonomian dunia secara global melemah. Mengatasi hal tersebut, Indonesia khususnya melakukan berbagai upaya guna membantu masyarakat secara umum, salah satunya dengan menyalurkan bantuan sosial.

Di kabupaten nias utara juga, tidak kalah pedulinya pemerintah kepada masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari program tim gugus dalam memberikan bantuan kepada para hamba Tuhan seperti para Pendeta, Pastor, dan Ustad. Hal ini disampaikan juru bicara covid-19 Nias Utara, Ya’adil Telaumbanua ketika diwawancarai awak media nawacitapost, Selasa (19/5/20) diruang kerjanya.

Kepada awak media, Ya’adil menjelaskan bahwa “pemberian bantuan kepada para hamba Tuhan adalah salah satu program ketua tim gugus, dalam hal ini Bupati Nias Utara M Ingati Nazara. Namun dengan adanya bantuan khusus kepada para hamba Tuhan, mereka tidak menerima lagi bantuan sosial lainnya atau double, dan ini sudah kesepakatan bersama dengan FKUB, MUI, dan BKAG”, jelas Ya’adil.

Selanjutnya Ya’adil menjelaskan bahwa pemerintah saat ini sudah melakukan pengumpulan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk menyalurkan bantuan dari provinsi kepada seluruh masyarakat, terkecuali kepada PNS, Polri-TNI, Pensiunan, dan anggota DPRD, dan hamba Tuhan yang sudah terdata di BKAG yang tidak menerima bantuan dari DTKS yang dimaksud.

Selanjutnya, perlu juga kami sampaikan bahwa pemerintah telah menginstruksikan kepada seluruh kepala Desa agar nama-nama penerima bantuan, wajib terpampang di papan informasi, hal ini dipandang perlu agar masyarakat tahu bantuan apa yang mereka terima, tegas Ya’adil.

Baca Juga : Wabup Nias Serahkan Bantuan Sosial Kepada Disabilitas dan Anak Terlantar

Namun terkait kapan waktu pembagian bantuan tersebut dan berapa nilainya, hingga saat ini belum diinformasikan.

Selain daripada itu, diketahui sebelumnya bahwa pemerintah kabupaten nias utara mendapatkan bantuan masker dari donatur, diantaranya : sumbangan masker dari SMKN Lotu sebanyak 500 lembar, Bank Sumut capem lotu sebanyak 500 lembar, dan bantuan dari Korpri sebanyak 11.225 lembar.

Dikatakan Ya’adil, bahwa masker yang sudah terkumpul sudah dibagikan di beberapa kecamatan, jadi jumlah masker yang banyaknya 12.000 lembar, segera dibagi kepada masyarakat melalui camat, dan camat membagikan kepada para kepala desa untuk dilanjutkan kepada masyarakat.

Dari jumlah masker yang dibagikan sebanyak 12.000 lembar, kecamatan Lahewa 1.500, kecamatan Alasa 1.250 lembar, kecamatan Lotu 1.250.000 lembar, dan kecamatan lainnya mendapat jatah masing- masing sebanyak 1.000 lembar.

bung zega