Diduga Serobot Lahan, Sudirman Telaumbanua Ajukan Gugatan di PN Gunungsitoli

0
1188
Surdirman Telaumbanua, saat berada di pengadilan Negeri Gunungsitoli

Gunungsitoli,Nawacitapost.com – Sudirman Telaumbanua alias Sudi (44) seorang warga asal Desa Onozitoli Sifaoro’asi Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menggugat CZ (Purn TNI-AD) di Pengadilan Negeri Gunungsitoli. Hal tersebut disampaikan Sudi kepada awak media nawacitapost, Senin (18/5/20).

Kepada awak media, Sudi menjelaskan bahwa “tanah miliknya yang telah di sertifikat, telah dibangun berupa jalan aspal oleh oknum CZ sejak tahun 2015”, terang Sudi.

Baca Juga : Kepolisian Resor Nias dan Jajaran,Gelar Aksi Peduli dengan Menyumbangkan 1 Ton Beras untuk Bantu Masyarakat

Dilanjutkan, selama lima tahun ini saya sudah berupaya untuk melakukan perundingan dengan CZ, namun hingga saat ini belum ada itikad baik dari CZ. Jadi menurut saya sebagai masyarakat biasa, jalan terbaiknya saya terpaksa menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan di pengadilan negeri Gunungsitoli, jelas Sudi.

Diketahui, surat gugatan yang diajukan oleh Sudi di pengadilan negeri Gunungsitoli, diserahkan langsung tanpa didampingi oleh kuasa hukumnya. Sudirman berharap agar ia mendapatkan keadilan yang sesungguhnya.

Surat gugatan tersebut diserahkan langsung di pengadilan negeri Gunungsitoli pada Senin (18/5/20), dengan nomor. 23/Pdt.G/2020 PN Gst.

Baca Juga : Update Kondisi Terkini, 2 PDP di RSUD Gunungsitoli

Dijelaskannya lagi, selain CZ, Sudi juga menggugat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nias sebagai penerbit Sertifikat. Materi gugatan yang disampaikan Sudirman yakni “menghukum tergugat I untuk membongkar kembali bangunan yang telah dibangun diatas tanah objek perkara dan menyerahkan tanah objek perkara kepada penggugat dalam keadaan kosong”. “Menghukum tergugat I untuk membayar sewa tanah objek perkara dari Tahun 2015” dan “menghukum tergugat I untuk membayar kerugian immaterial kepada penggugat serta membayar biaya yang timbul dalam perkara ini”. terang Sudi.

Baca Juga : Belum Positif Covid-19, 2 PDP Asal Kabupaten Nias Menunggu Hasil Swab/Pcr

Sudirman mengaku bahwa gugatan ini dilakukannya karena merasa dirugikan oleh perbuatan tergugat I CZ yang tanpa seizinnya membangun jalan diatas sebagian tanah miliknya. “Sudah 5 Tahun saya tunggu itikad baik tergugat I untuk menyelesaikan persoalan ini, sehingga saya sebagai masyarakat kecil dan lemah berpikir, biarlah proses hukum yang menjawab semua ini. Saya berharap agar majelis hakim dapat memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya dan berpihak kepada yang benar” Kata Sudi.

Tim Nawacitapost (IZ)