Kadivmin Menkumham Lampung Utarakan Syarat Asimilasi Bagi Nara Pidana

1
138
Kadivmin Menkumham Lampung Utarakan Syarat Asimilasi Bagi Nara Pidana

Bandar Lampung, Nawacitapost- Pembebasan Nara pidana pada program asimilasi dan integrasi dikementerian Hukum dan HAM akan terus berjalan sampai dengan masa berlakunya darurat ini dicabut yang bertujuan mencegaah penyebaran Covid-19 di dalam Lembaga Pemasyarakatan (LP), Hal tersersebut dikatakan ” Ida Asep Somara” kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kanwilmenkumham provinsi Lampung saat bertandang diruang kerjanya (22/04).

Pada program asimilasi dan integrasi yang berlangsung sampai saat ini, Ida Asep Somara, mengutarakan ‘ para napi tersebut dirumah saja, hari-hari biasapun jikalau terdapat pekerjaan diluar diperbolehkan, kata Ida
” ini tidak membuat aturan baru karena asimilasi yang dilaksanakan sesuai aturanya”
Namun, Dirinya menambahkan ” sesuai himbauan Bapak Menteri Hukum dan Ham, menginstruksikan untuk dilakukan evaluasi kembali, terutama kasus-kasus pencurian yang sudah menjadi tabiatnya, dan dilakukan pengawasan khusus.

Berkenaan seputar syarat pelaksanaan Asimilasi dan integrasi ini, Dirinya menambahkan, Asimilasi ini berlaku Bagi yang sisa pidananya dibawah 6 bulan sampai dengan masa darurat berlangsung, selama-lamanya sampai dengan 31 Desember , dan per 31 Juni masih terus berlangsung .

Dan kami Kemenkumham, Pungkas, Ida Asep ; tidak menerima tahanan, selama masa P21 tahanan masih ditangani oleh kepolisian , meskipun sudah masuk pada tahap P21 tetapi belum masuk pada proses persidangan, itu akan ditahan dalam kurun waktu 60 hari, dan sebagai tambahan masih menurut, Ida Asep ; Kasus-kasus Korupsi tidak termasuk program asimilasi.

Disinggung persoalan isu Pungli yang terjadi pada proses Asimilasi dan integrasi, Dirinya menepis ! Sebenarnya kami terima kasih atas pemberitaan selama ini, karena sebagai bentuk koreksi , kalaupun ada kami akan lakukan penindakan. Tegasnya .

Dilain sisi sebelum berita ini diturunkan Rabu (21/04), pada proses pelayan publik yang terdapat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung, terlihat Tutup atau tidak beroperasi sejak terjadinya Pandemi Covid 19 ini, Menurut informasi yang didapat dari salah satu pegawai Kasi informasi keimigrasian ” Ida Ismawati ” Kami tetap menjalankan tugas aturan yang disampaikan pusat terkait pelayanan Umum, untuk sementara ditutup ; terkecuali dalam keadaan darurat seperti dalam keadaan sakit, yang diharuskan untuk keluar negeri. ujar Ida

Reporter : Ashari Hermansyah

Comments are closed.