Kasus Positif Virus Corona  di Jawa Barat per Hari ini Capai 450 Kasus

Nawacitapost- Jumlah kasus positif virus corona (Covid-19) di Provinsi Jawa Barat hingga Minggu (12/5) mencapai 450 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 19 orang dinyatakan sembuh dan 43 orang meninggal.

Berdasarkan data di situs Pikobar, untuk jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) hingga hari ini di Provinsi Jabar mencapai 2.349 orang. Rinciannya, sebanyak 1.378 masih dalam pengawasan dan 971 selesai pengawasan.

Sedangkan warga dengan kategori orang dalam pemantauan (ODP) tercatat 29.641 orang. Sebanyak 15.917 sudah selesai pemantauan dan 13.724 orang masih dalam pemantauan.

Berdasarkan data secara nasional, Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah kedua dengan kasus positif covid-19 tertinggi, setelah DKI Jakarta.

Baca Juga : Taliban Akan Bebaskan 20 Tahanan di Kota Kandahar, Afghanistan

Kota Bandung merupakan wilayah yang paling banyak terdapat kasus positif Covid-19 di Jabar, dengan 87 kasus positif virus corona. Posisi selanjutnya berturut-turut, Kota Depok 66 kasus positif, Kota Bogor 54 kasus, Kota Bekasi 37 kasus.

Kemudian Kabupaten Bogor 35 kasus, Kabupaten Bekasi 31 kasus, Kabupaten Bandung 16 kasus, Kota Cimahi 15 kasus, Kabupaten Bandung Barat 14 kasus, Kabupaten Karawang 8 kasus, Kabupaten Purwakarta 6 kasus, Kabupaten Sukabumi 4 kasus, Kabupaten Cirebon 3 kasus, Kabupaten Kuningan 3 kasus, Kabupaten Sumedang 3 kasus, Kota Sukabumi 3 kasus, Kota Tasikmalaya 3 kasus, Kabupaten Ciamis 2 kasus, Kabupaten Garut 2 kasus, Kabupaten Subang 2 kasus.

Selanjutnya, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kota Banjar, dan Kota Corebon masing-masing 1 kasus.Dalam upaya percepatan penanganan covid-19, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi serta Kota Depok.

PSBB tersebut akan dilaksanakan mulai Rabu (15/4) hingga 14 hari setelahnya dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran.

Baca juga :  'Romantika Tionghoa dan Jawa', Virtual Talkshow Pemuda Katolik Surabaya Libatkan 5 Tokoh Lintas Agama

Ridwan Kamil mengatakan perkara sanksi selama masa PSBB akan diserahkan kepada wali kota dan bupati terkait. Teknis PSBB sendiri, katanya, tidak jauh berbeda dari kebijakan social distancing yang sudah diterapkan di Jawa Barat.

“Sanksi diserahkan ke wali kota dan bupati menyesuaikan kebijakan diskresi wali kota dan bupati. Termasuk ojol diserahkan apakah boleh tarik penumpang atau tidak,” kata dia, Minggu (12/4).

Sementara jumlah pasien positif virus corona secara nasional per Minggu (12/4) mencapai 4.241 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 373 orang meninggal dunia dan pasien sembuh bertambah menjadi 359 orang.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebut per Minggu ini terjadi penambahan sebanyak 399 pasien positif dibandingkan hari sebelumnya. Lonjakan angka ini tercatat sebagai yang tertinggi sejak pertama kali diumumkan pada 2 Maret lalu.

 

Comments are closed.