Kronologi Meninggalnya PDP Covid-19 di RSMI Jayapura

0
837
Ketua DPD HIMNI Provinsi Papua, Time Yaman Harefa Meninggal Dunia

Jayapura, Nawacitapost – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), telah meninggal dunia di Rumah Sakit Tingkat II Marthen Indhey Jayapura,  Distrik Jayapura Utara, tepatnya sekitar pukul 02.00 WIT, pada 7 April 2020.

PDP itu diketahui bernama Timeyaman Harefa, kelahiran Aramo, 5 Mei 1977, dengan jenis kelamin laki – laki, Suku Nias (Sumatera Utara), agama Kristen Protestan, pekerjaan Wiraswasta, bertempat tinggal di Jalan Kelapa II, Kelurahan Entrop, Distrik Jayapura Selatan. Ia juga sebagai Ketua DPD Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Papua

Melihat kronologisnya, tepatnya Senin 30 Maret 2020, sekitar pukul 13.30 WIT,  pasien masuk ke RSAL dr.  Soedibjo Sardadi Lantamal X Jayapura, dengan inisiatif sendiri, dimana pasien merasa sakit dan akan berobat ke rumah sakit tersebut.

Dari riwayat perjalanan berobatnya, pasien dirawat di RSAL dr. Soedibjo Sardadi Lantamal X Jayapura, sejak 30 Maret – 1 April 2020, dan ditangani dr.  Theopilus Obed Lay, Sp.

Kemudian setelah dilakukan pemeriksaan cepat rapid test oleh medis pasien dinyatakan terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid -19) dan di rawat dengan status sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sambil menunggu hasil test Polymerase Chain Reaction (PCR).

Ironis, pasien PDP di Vonis menderita Diabetes Melitus dan Positif terinfeksi Virus Covid -19, yang selanjutnya langsung dirujuk ke Rumah sakit Tingkat II Marthen Indey Jayapura, pada Rabu 1 April 2020, Pukul 18.22 WIT.

Lebih lanjut, pasien dinyatakan meninggal sekitar pukul 02.00 dinihari, Selasa 7 April 2020. Dengan demikian, sekitar pukul 09.25 WIT, jenazah langsung diberangkatkan ke Buper Waena dengan menggunakan mobil jenazah Rumah Sakit Tingkat II Marthen Indhey Jayapura.

Lebih jauh selama perawatan pasien terinfeksi virus Corona/Covid-19 di RS tingkat II Marthen Indhey Jayapura adalah Kepala SMF Golongan IV Rumah Sakit Tingkat II Marthen Indey Jayapura, Kol. CKM. dr. Hadi Juanda, S.Pd.