Sembako Hampir 80% Dipasok Dari Negara Tentangga

1
156
Sembako Hampir 80% Dipasok Dari Negara Tentangga

Kalbar, Nawacitapost- Wakil Bupati Sintang, Askiman memimpin rapat Koordinasi Tim Pemantauan Daerah Perbatasan dalam rangka percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Sintang Kalbar.

“Kawasan Perbatasan menjadi titik perhatian Pemerintah Kabupaten Sintang, karena di sana menjadi lalu lintas orang dan barang dari luar Negeri.” ujar Askiman.

Menurut Askiman, jika jalur masuk tidak resmi ini ditutup maka sangat berdampak pada ekonomi masyarakat. sebab, masyarakat di perbatasan, 80 persen barang sembako berasal dari Malaysia, dengan alasan lebih dekat dan murah.

” Silahkan Disperindagkop dan UKM ambil langkah, saya juga berharap agar pabrik karet jangan ditutup, karena akan memperparah ekonomi masyarakat, khususnya petani karet,” kata Askiman.

Kembali ia menegaskan, paling penting untuk diantisipasi dan juga di waspadai adalah masuknya orang dan barang dari Malaysia lewat jalur tradisional atau jalur tidak resmi. Jalur tak resmi tersebut harus ditutup.

” Barang impor ilegal bisa dihentikan di perbatasan, jika jalur keluar masuk barang dan orang di tutup,” tegasnya, Jumat (03/04/20).

Solusinya pasokan sembako masyarakat di perbatasan harus bisa disiapkan oleh pemerintah dengan didatangkan dari Sintang.

Baca Juga : AKNIRA diujung Tanduk, Mantan Bupati Nias Utara Edward Zega Mengelus Dada

” Saya minta Dinas Pemdes juga memberikan arahan kepada Camat dan Kepala Desa agar mengambil langkah antisipasi dan mereka harus memberikan laporan secara periodik,” pinta Askiman.

Askiman berharap Tim gugus tugas penanganan covid-19 untuk bisa memantau langsung kondisi di perbatasan bekerja sama dengan TNI/Polri.

“Sintang termasuk KLB covid-19. Tim gugus tugas silahkan melakukan pemantauan langsung ke daerah perbatasan. ‘ Koordinasikan langsung dengan Camat, kepala Desa dan forkopimcam di dua Kecamatan perbatasan. Disperindagkop dan UKM terus bisa memantau perkembangan stok sbako serta harga. Selanjutnya semua kegiatan diharapkan bisa di laporkan kepada pimpinan agar bisa mengambil langkah berikutnya,” ucapnya.

Reporter : Paul

Comments are closed.