Waspada Corona, PLN Tetap Siaga Pasokan Listrik Pelanggan

1
109
Waspada Corona, PLN Tetap Siaga Pasokan Listrik Pelanggan
Waspada Corona, PLN Tetap Siaga Pasokan Listrik Pelanggan

Surabaya NAWACITAPOST – Di tengah masifnya penyebaran virus COVID -19 atau Corona Virus Disease (COVID-19).tidak mengurangi kesiagaan dan kesigapan PT PLN (Persero) menjaga pasokan listrik masyarakat.

Perusahaan Listrik Negara itu menerapkan standar yang lebih tinggi terutama pada operasi penyediaan listrik, mulai dari Penyediaan Energi Primer agar tetap bisa menjaga pasokan energi primernya.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini dalam siaran tertulisnya, Minggu (15/3) memastikan unit pembangkit beroperasi untuk memenuhi kebutuhan listrik. Pengaturan Beban, Transmisi, dan Distribusi juga harus tetap menjaga pelayanan pasokan listrik ke pelanggan termasuk melaksanakan pekerjaan pemeliharan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

“Semua itu kami lakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN, kami juga instruksikan kepada seluruh insan PLN agar tetap bertugas menjaga pasokan energi listrik,” kata Zulkifli.

Dikatakannya, sejak awal maret PLN telah melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus corona. Salah satunya adalah menangguhkan perjalanan kedinasan dan non kedinasan ke luar negeri bagi seluruh pegawai PLN, terutama ke negara terinfeksi virus corona.

Bagi pegawai dan keluarganya yang telah melakukan perjalanan dinas ataupun non kedinasan ke negara-negara terinfeksi, diwajibkan segera melaporkan riwayat perjalanan tersebut melalui email korporat.

Kemudian, pegawai PLN yang telah melakukan perjalanan ke negara-negara dengan orange dan red alert, diwajibkan melakukan prosedur deteksi dini di Puskesmas dan Rumah Sakit setempat.

“Selain itu, Perusahaan melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu serta melakukan pengecekan riwayat perjalanan yang dilakukan diseluruh unit PLN dan juga menyediakan logistik Masker, Hand Sanitizer, sarung tangan, thermal gun secara cukup,” tegas Zulkifli.

Saat ini PLN juga menambah unit Control System sebagai cadangan (Mirroring) untuk memastikan bahwa pasokan listrik kepada masyarakat tidak terganggu.

“Ini untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat,” tutur Zulkifli.

Dirinya memastikan bahwa pelayanan ketenagalistrikan yang disediakan PLN kepada pelanggan dan masyarakat luas tidak akan berkurang atau menurun akibat merebaknya wabah Covid-19 ini. (BNW)

Comments are closed.