Mampu Membawa Perubahan Positif di Desanya, Kades Nyiur Permai M. Ismail Tuai Pujian

12
576
Inhil, NAWACITA -  Salah satu tokoh masyarakat Desa Nyiur Permai, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, H.Haman, memuji sosok Kepala Desa Nyiur Permai, Muhammad Ismail yang berhasil membawa perubahan pembangunan daerah desanya.
Mampu Membawa Perubahan Positif di Desanya, Kades Nyiur Permai M. Ismail Tuai Pujian

Inhil, NAWACITA –  Salah satu tokoh masyarakat Desa Nyiur Permai, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, H.Haman, memuji sosok Kepala Desa Nyiur Permai, Muhammad Ismail yang berhasil membawa perubahan pembangunan daerah desanya.

Pujian yang disampaikan kepada Kades Muhammad Ismail ini, disampaikan oleh Ketua Panitia Pembangunan Masjid Nurul Ikhwan dalam kata sambutannya saat Bupati H.M.Wardan meresmikan Masjid Nurul Ikhwan Tanggal 13 Februari 2020 lalu.

H.Haman (Tomas) menyebut keberhasilan M.Ismail membangun desa yang ia Pimpin (Desa Nyiur Permai) hingga daerah tersebut mendapat perubahan yang begitu singnifikan hingga mendapat pujian dan apresiasi dari pemerintah maupun dari masyarakat desa Nyiur itu sendiri.

Baca Juga: Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Marinus Gea : Rekrutmen Taruna Dan Taruni Akpol Harus Jelas

Ditempat terpisah sejumlah Tokoh Masyarakat Desa Nyiur Permai, Kecamatan Keritang Indragiri Hilir, Wendi Budi Mulia yang didampingi oleh tokoh pemuda Asiz, Hasan dan Nasir kepada wartawan ini, Jumat (21/2/2020).

Mereka mengatakan. Kepala Desa Nyiur Permai, Muhammad Ismail, merupakan salah satu tokoh pejuang pemekaran Desa Nyiur Permai yang ketika itu di pelopori oleh Tokoh bernama H.Amir Daeng Mapuji yang kini sudah Almarhum.

“Jasa Bapak Ismail dan almarhum H Amir daeng Mapuji untuk Desa ini sangat besar. Tanpa perjuangan mereka terdahulu tentu desa ini tidak akan termekarkan. Bahkan Orang No.1 Desa Nyiur Permai ini juga ikut serta mendirikan Ponpes Yayasan NIB,” jelasnya.

Terkait Track record kades sekarang (M.Ismail) sangat bagus. Bahkan Bupati H.M.Wardan, memberikan suatu kepercayaan kepada M.Ismail menerima mandat dalam pelaksana pimpinan daerah, khususnya Desa Nyiur Permai. Kepercayaan yang dititip beratkan oleh masyarakat kepada Muhammad Ismail selaku Kades Nyiur Permai dan sejak itupula dirinya menjadi sosok bapak visioner yang dibanggakan oleh warga desanya.

Menurut Wendi Budi Mulia mengatakan, pernyataan riwayat dasar Desa Nyiur Permai yang disampaikan Kades Muhammad Ismail dalam acara Haul Almarhum H.Amir Daeng Mapuji sekaligus acara Milad Desa NYIUR PERMAI dimana adalah pelepasan (Pemekaran) dari Desa Teluk Kulasa.

“Benar, pada waktu itu, Desa Teluk Kelasa telah dibantu oleh mantan Wali (Kades) Teluk Kelasa bapak Raja Ibrahim yang kini beliau kita tua kan disana. Hasil dari itu semua itu yakni menghasilkan pemekaran yang diberi nama Desa Nyiur Permai,” terangnya.

Asal mula nama Nyiur Permai adalah berawal dari pertama kali kelapa ditanam diseberang desa Teluk Kulasa yang kini telah dimekarkan dengan diberi nama Desa Nyiur Permai. Kemudian, pada masa dan penamaan dari peresmian Desa itu diberikan oleh Camat Keritang (Yun Hawarius) dan mengambil Nama Nyiur sebagai nama Desa yang di Pimpin sekarang oleh Muhammad Ismail.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Fasilitas Produksi Rayon dan Benang Terintegrasi PT Asia Pacific Rayon

Mengenai keberhasilan Muhammad Ismail sejak Memimpin daerah ini dan telah berhasil mendirikan Yayasan Pesantren Modern NIB yang sekarang diketuai oleh Wendi Budi Mulia, yang kini pesantren itu memiliki 21 Guru dan santri sebanyak 314 santri.

Selain itu juga, Mohammad Ismail berhasil memperjuangkan masuknya di Desa Nyiur Permai arus api listrik dari PLN. Dulunya Desa Nyiur Permai merupakan derah yang terisolir (Tertinggal) apalagi dr penerangan.

Sosial M.Ismail sebelum jadi kepala desa sangat dikenal karena banyak membantu masyarakat secara sosial kepemudaan dan terlebih membantu kepengurusan KTP untuk masyarakat yang belum memiliki Identitas diri masyarakat pada waktu beliau belum menjabat.

Setelah M.Ismail dipercayakan sebagai Kades Nyiur Permai oleh masyarakat dan sejak itu pula dirinya bermusyawarah dengan tokoh-tokoh dan perangkat desa menciptakan berbagai program untuk kemajuan desanya menuju masyarakat sejahtera.

Adapun program-program pembangunan desanya yaitu tempat hiburan taman rekreasi anak-anak. Selain itu, Bapak M.Ismail membuat lembaga ADAT dari semua suku melayu bugis jawa banjar agar lembaga adat tersebut dapat menjadi solusi dalam menyatukan perbedaan budaya di daerahnya, termasuk pembangunan Infranstruktur desa di berbagai aspek.

Mengenai nama sejarah desa Nyiur Permai ini, diberikan oleh bapak camat pada waktu itu yaitu Yun hawarius bersama alm H.Amir Daeng Mapuji. M.Ismail pada waktu itu sebagai wakil ketua panitia pemekaran yang kini Bapak M.Ismail melanjutkan perjuangannya membangun desa nyiur permai dalam kepemimpinannya sebagai Kepala Desa Nyiur Permai.

Tokoh pemekaran desa nyiur permai adalah alm H Amir daeng Mapuji dan wakil Mohammad Ismail dan dibantu dgn anggota yakni Andi Juita, H Nurdin, H.Hamma, Raja Ibrahim (Mantan Wali), Desa Teluk Kelasa. (Yul)

Comments are closed.