Gubernur AAL Hadiri Serah Terima Jabatan Danjen Akademi TNI

1
108
JABATAN
Gubernur AAL Hadiri Serah Terima Jabatan Danjen Akademi TNI

Jakarta NAWACITAPOST – Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Edi Sucipto, S.E.,M.M. didampingi Ketua CBS Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto menghadiri acara Serah Terima Jabatan (Sertjjab) Komandan Jenderal Akademi TNI yang digelar di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (10/2).

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memimpin langsung upacara Sertijab Danjen Akademi TNI tersebut dari Laksdya TNI Aan Kurnia kepada Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dan Asops Panglima TNI dari Letjen TNI Ganip Warsito kepada Mayjen TNI Arios Tiopan Aritonang.

Baca juga : Ambil Data Awal, 115 Taruna AAL Tingkat l Jalani Tes Kesamaptaan Jasmani

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran Akademi TNI untuk membentuk perwira TNI yang berkualitas dan memiliki potensi pengembangan yang luas dan positif.

“Para perwira TNI tersebut nantinya akan diisi dengan pengalaman melalui berbagai tugas serta pengetahuan dan ketrampilan melalui berbagai jenjang pendidikan dan latihan sebagai pemimpin-pemimpin TNI di masa mendatang,” kata Marsekal Hadi.

Ke depan, lanjut dia, TNI akan menghadapi spektrum ancaman yang jauh lebih kompleks dan mungkin belum terbayangkan saat ini.

Baca juga : Dua Perwira AAL Hadiri Forum Sinergitas Nasional

Dalam bidang operasi¸ Panglima TNI mengatakan bahwa operasi yang dilaksanakan oleh TNI harus lebih bersifat multidimensi.

“Saat ini sulit ditemukan operasi yang tidak membutuhkan ataupun terkait dengan lintas matra dan bahkan lintas kementerian dan lembaga. Konsep operasi tersebut harus mampu menjawab bagaimana peran yang dapat dilakukan oleh semua pihak yang terkait, tentunya hal ini akan semakin mudah dengan adanya Kogabwilhan TNI yang telah mulai operasional,” tuturnya.

Baca juga : Taruna AAL Sabet 2 Emas, 1 Perak dan 2 Perunggu di Cabor Renang Antar Naval Academy di INC Pakistan

Mantan Irjen Kemhan ini mengingatkan bahwa upaya mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh memerlukan pemahaman yang utuh dan konsistensi pelaksanaan program yang telah ditetapkan.

Rapim TNI menjadi titik tolak melaksanakan program-program tahun 2020 dengan melihat evaluasi program yang telah dilaksanakan pada tahun 2019.

Program-program tersebut telah dirumuskan dengan proyeksi TNI harus dapat melaksanakan tugas pokoknya dihadapkan pada perkembangan lingkungan strategis serta spektrum ancaman yang kian kompleks.

Program tersebut telah dicanangkan oleh Panglima TNI dan masuk dalam 11 program prioritas sejak tahun 2017. Untuk memenuhi 11 program prioritas tersebut dibutuhkan upaya yang lebih intensif seperti penyempurnaan organisasi, peningkatan kualitas prajurit dan sistem manajemen pengelolaannya, pengembangan sistem operasi tri matra terpadu, penguatan diplomasi militer, pembangunan ketiga matra dan seterusnya harus dicermati agar berjalan secara maksimal.

Dalam acara sertijab tersebut, pejabat baru melakukan penandatanganan Pakta Integritas dan Berita Acara Serah Terima Jabatan, dilanjutkan dengan Pengambilan Sumpah Jabatan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diakhir sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian Letjen TNI Ganip Warsito dan Laksdya TNI Aan Kurnia.

Selanjutnya, Laksdya TNI Aan Kurnia menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), sementara Letjen TNI Ganip Warsito menjabat sebagai Pangkogabwilhan III. (BNW)

Comments are closed.