Machfud Arifin
Kenangan Istimewa Machfud Arifin Terhadap Sosok Gus Sholah

Surabaya NAWACITAPOST – Hadiri pemakaman KH Salahudin Wahid (Gus Sholah), Machfud Arifin Bakal calon wali kota Surabaya mengaku punya kenangan istimewa.

Sewaktu masih menjabat sebagai Kapolda Jatim, Machfud sering saling silaturahmi. ” Saya yang ke Jombang atau beliau yang ke Polda,” ujarnya usai menghadiri pemakaman Gus Sholah di komplek Pesantren Tebuireng, Senin (3/2/2020).

Baca juga : Gubernur Khofifah Bersama Forkopimda Jatim Sambut Kedatangan Jenazah Gus Sholah

Menurut Machfud, Gus Sholah adalah sosok yang sangat bersahaja dan tak pernah ketokohannya membuatnya sombong. Gus Sholah dan istri (Nyai Farida) juga selalu menerima siapa pun yang datang dengan ramah.

Lanjutnya, saat bertemu ataupun di meja makan itu, tak ada kesan formal. Gus Sholah dan Bu Nyai mengajak makan Machfud seperti sedang bersama adiknya sendiri.

Baca juga : Gus Sholah Meninggal Dunia, Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa Mendalam

 “Beliau itu wawasannya luas. Meskipun tokoh besar, kiai kharismatik, tapi beliau senang berdiskusi dengan siapa pun. Wawasannya soal kebangsaan sangat luar biasa,” katanya.

Machfud mengaku sempat membesuk Gus Sholah ketika terbaring sakit. “Saya dan seluruh bangsa Indonesia pasti berduka dengan meninggalnya Gus Sholah. Kita semua kehilangan sosok guru bangsa,” katanya. (BNW)

Baca juga :  Pemkot Akan Lakukan Kembali PSBL-RW dan Check Point di Sejumlah Ruas Jalan

Comments are closed.