Tito Karnavian : Adanya Mesin ADM, Bisa mengurangi Korupsi

2
178
Tito Karnavian : Adanya Mesin ADM, Bisa mengurangi Korupsi

Magetan, NAWACITA- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengunjungi Mal Pelayanan Publik Magetan. Tito ingin melihat mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang disebut-sebut pertama di Indonesia. Tito menyebut mesin ADM bisa mencegah adanya praktik korupsi.

“Mesin ADM ini salah satu model, bagaimana kita mengurangi atau pemberantasan korupsi,” ujar Tito kepada wartawan saat berkunjung di Magetan, Jumat (31/1).

Mantan Kapolri itu mengaku pemberantasan korupsi yang pertama bisa dilakukan dengan pencegahan secara soft. Pencegahan korupsi dengan cara soft ini, lanjut Tito, bisa optimal karena menekan bertemunya pencari dokumen dengan petugas.

Baca Juga : DANYONMARHANLAN V BERSAMA PERWIRA STAFNYA IKUTI GARJAS TERPUSAT

“Cara yang soft pencegahan korupsi, jadi mencegah supaya tidak terjadi kesempatan untuk korupsi. Kalau ketemu langsung ke kantor ini, ke kantor itu, ketemu orang dikerjain dimintain amploplah, segala macem. Kalau mesin ini gak mungkinlah di mintain amplop sama mesin,” kata Tito sambil tertawa.

Tito mengungkapkan sistim ADM yang diterapkan pertama kali di Indonesia di Magetan ini bisa dicontoh oleh daerah lain. Tito yakin pengurusan dokumen dengan mesin ADM bisa membangun sistem mencegah korupsi.

“Sistem ini pasti mengurangi korupsi,’ tegas Tito.

Comments are closed.