SERENTAK, 19 KPU KABUPATEN/ KOTA LANGSUNGKAN SELEKSI TERTULIS PPK HARI INI

1
60
SERENTAK, 19 KPU KABUPATEN/ KOTA LANGSUNGKAN SELEKSI TERTULIS PPK HARI INI

Surabaya NAWACITAPOST – Hari ini (Kamis, 30/1), 19 Kabupaten/ Kota di Jawa Timur penyelenggara pemilihan tahun 2020 melaksanakan seleksi tertulis untuk calon PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan). Demikian disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Rochani.

Rochani menerangkan bahwa sebagaimana tertuang pada pasal 28 Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 yang terakhir diubah dengan Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2017 bahwa Calon anggota PPK yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti seleksi tertulis yang diselenggarakan 3 (tiga) hari sejak pengumuman hasil penelitian administrasi.

Baca juga : Cegah Stunting, Arumi Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Hidup

“Di 19 Kabupaten/ Kota ada sebanyak 7.846 orang dari 8.527 pendaftar (92%) telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi tertulis yang akan dilaksanakan secara serentak pada hari ini Kamis, 30 Januari 2020 di wilayah KPU Kabupaten/Kota setempat. Peserta seleksi tertulis terdiri dari 5.526 orang laki laki (70%) dan 2.320 orang perempuan (30%),” paparnya (30/1/2020).

Seleksi tertulis bagi calon anggota PPK dalam Pemilihan Tahun 2020 dapat dilaksanakan menggunakan tes tulis manual (menggunakan kertas lembar jawaban) ataupun dengan metode Computer Assisted Tes (CAT) bagi KPU Kabupaten Kota yang siap (Surat Dinas KPU RI Nomor : 29/PP.04.2-SD/01/KPU/I/2020-red).

Baca juga : Wagub Emil : SMK Harus Lebih Berdaya di Era Industri 4.0

Di Jawa Timur ada 4 KPU Kabupaten/ Kota yang telah mendapatkan persetujuan KPU Provinsi untuk melaksanakan Seleksi Tertulis dengan metode CAT yaitu, KPU Kabupaten Pacitan, KPU Kabupaten Ngawi, KPU Kabupaten Blitar dan KPU Kota Blitar. Sedangkan 15 KPU Kabupaten/Kota lainnya melaksanakan seleksi tertulis menggunakan kertas lembar jawaban.

“Materi dalam seleksi tertulis yang disiapkan oleh KPU Kabupaten/ Kota meliputi pengetahuan tentang pemilihan yang mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan, teknis pemungutan suara, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara, dan pengetahuan kewilayahan,” terang Rochani.

Baca juga : Mahasiswa UNSW, Australia dan Teknik Sipil UK Petra Pelajari Perkembangan Konstruksi Kota Surabaya

Berikutnya, hasil seleksi tertulis akan diumumkan di tanggal 3 sampai 5 Februari 2020 melalui media yang dapat diakses publik. (BNW)

Comments are closed.