Mahasiswa UNSW, Australia dan Teknik Sipil UK Petra Pelajari Perkembangan Konstruksi Kota Surabaya

0
162
Ema Agustina selaku Kepala sub bidang penataan ruang pemukiman dan lingkungan hidup BAPPEKO menjelaskan pada mahasiswa Australia

Surabaya NAWACITAPOST – Seperti ungkapan “Tuntutlah ilmu selagi bisa” menjadi ide dari International Construction Study Trip (ICST), kegiatan yang digagas oleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya bersama dengan Faculty of Built Environment the University of New South Wales, Sydney-Australia (UNSW) yang di support oleh New Colombo Plan. Kegiatan ini digelar mulai tanggal 20 Januari – 01 Februari 2020 di berbagai tempat di Surabaya dan sekitarnya dengan berbagai kegiatan.

“Selama dua minggu para peserta study trip akan mengikuti kegiatan yang telah dikemas secara menarik dalam bentuk seminar, kegiatan budaya serta studi ekskursi ke beberapa tempat yang telah ditentukan guna membandingkan perkembangan dunia konstruksi antara Indonesia dan Australia.

Baca juga : Gubernur Khofifah Gerak Cepat dan Responsif Turun Langsung Tangani Banjir Bandang di Bondowoso

Selain itu juga diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi pengalaman baru bagi mahasiswa UK Petra untuk berinteraksi dengan mahasiswa asing dan juga untuk melihat proses konstruksi secara langsung. Oleh karena itu beberapa tempat telah ditentukan menjadi tujuan studi ekskursi kali ini diantaranya high-rise building project, Lumpur Lapindo, Jembatan Suramadu, pabrik beton precast, Teluk Lamong, dan Gedung Q Universitas Kristen Petra.”, ungkap Agie Vianthi, M.S., selaku dosen Prodi Teknik Sipil UK Petra dan koordinator ICST 2020.

Selain site visit, adapun seminar sebagai pembelajaran di dalam kelas yang dibawakan oleh dosen UK Petra dan UNSW serta pembicara dari Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. Sedangkan untuk cultural activity, para peserta akan belajar bahasa Indonesia, memainkan alat musik tradisional (angklung), membuat batik, belajar tarian tradisional hingga cooking class.

Baca juga : Gubernur Khofifah Sampaikan Ucapan Selamat pada Pemkab/Pemkot Atas Penghargaan SAKIP 2019. Kita Tingkatkan Kinerja, Tidak Sekedar Bekerja

Mengangkat tema Tighten the Bond, Deepen the Knowledge, sebanyak 17 mahasiswa UNSW asal Australia bersama dengan 30 mahasiswa Prodi Teknik Sipil UK Petra, Surabaya diajak untuk memperdalam pengetahuan yang telah diajarkan dalam kelas sekaligus sharing mengenai perkembangan manajemen konstruksi yang ada di negara masing-masing. Misalnya seperti hari Rabu, 29 Januari 2020 mulai pukul 09.30-11.30 WIB di Ruang Konferensi 3 lantai 10 kampus UK Petra para mahasiswa akan belajar mengenai rencana pembangunan kota Surabaya kedepannya.

Seminar ini akan di bawakan oleh Eri Cahyadi, S.T, M.T., selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya (BAPPEKO). “Diharapkan agar mahasiswa dapat membandingkan bagaimana manajemen konstruksi antara kota Surabaya dengan Australia. Sekaligus menambah pengetahuan mengenai rencana perkembangan, pembangunan serta tata kota Surabaya.,” rinci Agie. (BNW)