Anotona Nazara PAW Menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kampar

1
792
Kampar, NAWACITA - Detik- detik Polemik siapa yang duduk menjadi anggota DPRD Kampar dari Dapil 5 (Siak Hulu- Pantai Raja) PDIP Kabupaten Kampar masih terus bergulir.
Anotona Nazara PAW Menjadi Anggota DPRD Kabupaten Kampar

Kampar, NAWACITA – Detik- detik Polemik siapa yang duduk menjadi anggota DPRD Kampar dari Dapil 5 (Siak Hulu- Pantai Raja) PDIP Kabupaten Kampar masih terus bergulir.

Bola panas antara Morlan Simanjuntak yang sudah dipecat dari keanggotaan partai dan akan dilantik sementara Anotona Nazara sudah diajukan sebagai penggantian antara waktu (PAW),dengan surat Keputusan PAW dari DPP PDI – Perjuangan pada tanggal 21-01-2020 yang di tandatangani oleh Ketua Bambang Kuryanto Sekretaris Jendral Hastokristiayanto.
Morlan Simanjuntak yang sudah dinyatakan KPU meraih suara terbanyak seyogyanya sudah dilantik tahun lalu, namun batal karena tersandung masalah hukum.

Baca Juga: Kapolda Riau turun tangan Padamkan Api Karhutla di Rupat Utara

Saat pelantikan tepatnya pada tanggal 25 Juni 2019, Morlan Simanjuntak caleg DPRD Kabupaten Kampar dari Partai PDI Perjuangan sedang menjalani hukuman pidana, kasus pencurian besi di kabupaten Siak. Sisa hukuman lima bulan penjara di jalani Morlan di Rutan Kelas II B Siak yang saat itu berkedudukan di rumbai.

Hukuman pidana yang dijalani Morlan, membuat partai PDI Perjuangan kecolongan, kesal dan kecewa akibat ulah kadernya yang sudah memperlukan partai berkepala banteng ini, proses hukum dan pelanggaran Kode Etik partai bergulir ke Morlan.

Mulai dari surat penundaan pelantikan tertanggal 15 November 2019 ditandatangani Ketua bidang Hukum dan HAM, DPP PDI Perjuangan Yasonna H.Laoly dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Bukan itu saja , surat pemecatan disampaikan DPP PDI Perjuangan tertanggal 2 Desember 2019 yang ditandatangani Ketua Umum , Megawati Soekarnoputri dan Sekjen, Hasto Kristiyanto . Dalam surat pemecatan salah satu point disampaikan “ Memberi sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Morlan Simanjuntak SH, MH dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan”.

Usai keluarmya surat pemecatan Morlan, DPP PDI Perjuangan mengeluarkan surat No. 1098/IN/DPP/I/2020 tertanggal 21 Januari 2020 Perihal : Persetujuan Penggantian Antarwaktu (PAW) Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Kampar atas nama MORLAN SIMANJUNTAK. SH, MH dan menetapkan ANOTONA NAZARA, SE sebagai PAW anggota DPRD Kampar periode 2019- 2024 menggantikan MORLAN SIMANJUNTAK SH, MH.
Seperti yang dilansir Tiraskita.com, Ketua DPC PDI Perjuangan Kampar Hanafiah, yang berhasil di konfirmasi mengatakan untuk mengisi kekosongan anggota fraksinya di DPRD Kampar, Partainya telah menunjuk peraih suara terbanyak kedua yakni Anotona Nazara ,SE sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW).

Baca Juga: Sekda Kabupaten Siak T.S. Hamzah Pimpin Apel Pagi Bersama Jelang Purnabakti

“Ya benar, SK DPP PDI Perjuangan tgl 21/01/2020 menunjuk sdr Anotona Nazara,SE sebagai PAW saudara Morlan,” ucapnya via ponsel.

Lebih lanjut Ketua DPC PDI Perjuangan Kampar mengatakan bahwa DPC PDI Perjuangan telah meminta proses PAW kepada instansi terkait yakni Gubernur Riau, Bupati Kampar, Ketua DPRD Kampar, KPU Kampar dan Sekretaris DPRD Kampar.

“Surat permohonan proses PAW N0:061/EX/DPC.17.12/I/2020 Perihal mohon proses PAW anggota DPRD Kampar tgl 27 Januari 2020 yang ditandatangani Ketua DPC PDIP Kampar, Hanafiah dan Sekretaris, Triska felly sudah disampaikan, kami berharap Proses PAW dapat terlaksana dalam waktu yang tidak terlalu lama, mohon doa rekan-rekan pers,” ucap Hanafi mengakhiri.

Sementara Ketua LBH Bela Rakyat Nusantara ( BERNAS ) Sefianus Zai,SH sekaligus Ketua DPD Provinsi Lembaga Anti Narkotika ( LAN) Provinsi Riau yang baru di lantik Sabtu 25 Januari 2020 yang lalu, ketika ditanya pendapatnya oleh wartawan mengatakan, bahwa kalau benar MS sudah di pecat maka sangat tidak mungkin lagi MS di lantik karena sudah bukan kader partai dan kalaupun dilantik itu sudah pasti langsung di PAW kan,” ucap Zai singkat.

Sokhiaro Halawa (Nawacitapost, Kabupaten Siak)

Comments are closed.