Labuan Bajo NTT Akan Dijadikan Jurassic Park

2
216
Labuan Bajo NTT Akan Dijadikan Jurassic Park

NTT, NAWACITA- Labuan Bajo di NTT kini terus berbenah untuk menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas pada akhir 2020 mendatang.

Tempat ini nantinya akan menawarkan berbagai suguhan wisata bagi para turis. Mulai dari pemandangan di kota tepian air (waterfront city), Goa Cermin, hingga wisata alam ke habitat makhluk langka endemik seperti komodo.

Salah satu tempat yang tengah dipersiapkan jadi destinasi wisata utama yakni Pulau Rinca. Arsitek perancang KSPN Labuan Bajo Yoris Antar menggambarkan, tempat ini nantinya dirancang bagi turis yang mau menikmati wisata alam seperti di film Jurassic Park.

Baca Juga : Soal Kerajaan Keraton Sejagat, Mahfud Md : Masalah Kecil Itu, Dibesar-besarkan

“Kalau untuk desain geopark di Pulau Rinca tuh ini Jurassic Park. Jadi nanti wisatawan bisa jalan berputar di rumahnya komodo,” ujar Yoris di Labuan Bajo, NTT, Rabu (22/1/2020).

Yoris menjelaskan, Pulau Rinca memiliki 45 loh (lubang) yang jadi habitat para komodo, dimana satu loh jadi tempat bermukim bagi sekitar 70 ekor komodo. Namun, ia telah mendapat pesan dari Presiden Jokowi untuk tidak banyak mendirikan bangunan di pulau tersebut agar tak mengganggu status Pulau Rinca sebagai tempat konservasi komodo.

“Jadi hanya satu liang saja yang akan jadi atraksi. Karena bayangkan ada kapal-kapal pesiar dateng dengan 2.000 orang, rata-rata paling 3 jam aja di situ. Kalau enggak lihat komodo ntar jadi viral di medsos,” ucap dia.

Comments are closed.