Wadan Lantamal V Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Lantamal V

4
92
Wadan Lantamal V Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Lantamal V

Surabaya NAWACITA – Wakil Komandan Pabgkalan Utama TNI AL V (Wadan Lantamal V) Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E. mewakili Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S. H., CHRMP memimpin jalannya Apel Siaga Penanggulangan Bencana (Gulben) Lantamal V di Lapangan Yos Sudarso, Mako Lantamal V, Surabaya, Senin (6/1).

Apel Siaga dengan pengambil Apel Komandan Satgas yang juga Danyonmarhanlan V Letkol Marinir Andi Ichsan ini, dihadiri Asops Danlantamal V, Asintel Danlantamal V, Aspers Danlantamal V, Aslog Danlantamal V, Aspotmar Danlantamal V, Kadiskes Lantamal V, Ka Kuwil Lantamal V, Dandenma Lantamal V, Wadan Pomal Lantamal V dan Para Kadis/Kasatker Lantamal V.

Baca juga : Jelang Ziarah Rombongan ke Makam Kyai Ageng Pandanaran, Danlantamal V CC Walikota Semarang

Pasukan Siaga Gulben yang terlibat terdiri dari Siaga Gulben 1 SSK, Pomal Lantamal V 1 Tim, Tim Intel 1 Tim, Tim Kesehatan 1 Tim, Kendaraan Truk 4 Unit, Kendaraan Lokal 2 Unit, Ambulance 1 Unit, Kendaraan PMK 2 Unit dan Perahu Karet 2 Unit.

Danlantamal V dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal V mengatakan cuaca di Indonesia akhir-akhir ini sangat ekstrem, hal ini mengakibatkan dibeberapa wilayah Indonesia mengalami bencana seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain-lainnya.

Kondisi ini lanjutnya, tentu membawa dampak dan ancaman terhadap keselamatan jiwa manusia harta benda maupun roda pemerintahan juga ikut terganggu.

Bencana yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia tidak dapat diprediksi secara pasti situasi dan kondisi seperti ini menuntut kewajiban kita sebagai anggota TNI untuk selalu siap siaga mengantisipasi bencana yang terjadi dengan cara bahu-membahu untuk menyelamatkan warga yang terkena musibah serta menjaga keamanan dan keselamatan lingkungan dari semua kejadian yang lebih parah.

Baca juga : Jelang Pengukuhan KRI Semarang 594, Danlantamal V Pimpin Ziarah Rombongan di Makam Kyai Ageng Pandanaran.

Dalam melaksanakan penanggulangan bencana lanjutnya, diperlukan koordinasi dan kerjasama yang terintegrasi dengan berbagai pihak.

Kompleksitas masalah yang diakibatkan oleh bencana tidak bisa dipandang hanya pada satu sektor tertentu saja, melainkan secara menyeluruh seperti sektor kesehatan, sosial Pekerjaan Umum, Perhubungan dan lain-lain yang kesemuanya sektor tersebut mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung upaya penyelenggaraan penanggulangan bencana tersebut.

“Oleh karena itu sebagai prajurit Lantamal V harus siap untuk sewaktu waktu bila diminta bantuan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang mendapat musibah banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan lain-lain khususnya di wilayah kerja Lantamal V Saya berharap semua personil yang terlibat dalam siaga bencana harus selalu siap untuk melaksanakan tugas,” pintanya. (BNW)

Comments are closed.