Polda DIY Terjunkan Jibom Sterilkan Gereja Jelang Natal

2
191
Polda DIY Terjunkan Jibom Sterilkan Gereja Jelang Natal

NAWACITA- Jajaran Polda DIY menerjunkan Jibom saat melakukan sterilisasi gereja-gereja menjelang perayaan natal. Sterilisasi difokuskan pada gereja yang memiliki jemaat dalam jumlah besar dan memiliki potensi gangguan.

“Dua hari ini kita sterilkan gereja di DIY, hari ini di empat kabupaten besok fokus di Kota Yogyakarta,” ucap AKP Suripto, Selasa (24/12/2019).

Penyisiran dan sterilisasi ini dilakukan dengan menggunakan metal detektor, mirror set dan juga dengan robot pengintai dan perangkat lainnya. Bahkan sebuah mobil Jibom juga ikut disiagakan saat dilakukan penyisiran.

Penyisiran ini dilaksanakan di 5 gereja di Kulonprogo, 20 gereja di Sleman, 5 gereja di Gunungkidul dan 6 gereja di Bantul. Sedangkan esok hari akan dilaksanakan di 5 gereja yang ada di Kota Yogyakarta.

“Kita bagi dalam tiga tim, untuk sterilisasi ini,”jelasnya.

Menurutnya, gereja-gereja yang dilakukan sterilisasi adalah gereja yang mendapatkan prioritas dari setiap polres. Sedangkan gereja lainnya diserahkan kepada petugas umum di setiap wilayah.

“Selama ini cukup kondusif dan tidak ditemukan benda-benda yang mencurigakan,” jelasnya.

Suripto mengimbau, kepada pengamanan internal untuk mewaspadai keamanan internal bekerjasama dengan poslek setempat. Jemaat disarankan untuk tidak menggunakan tas punggung atau ransel.

Sementara salah satu pengurus Dewan Paroki, Wates, Edi Jatmiko menyambut baik dengan adanya sterilisasi ini. Setidaknya akan memberikan rasa aman dan nyaman di kalangan jemaat dalam melaksanakan peribadatan natal.

Dalam penyisiran ini, petugas tidak hanya menyisir ruangan di dalam gereja saja. Namun, altar dan tempat peribadatan juga diperiksa secara rinci. Petugas juga melakukan penyisiran di lingkungan sekitar gereja.

 

Comments are closed.