Pembukaan Sosialisasi Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan Desa di Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

2
396
Nias Utara, NAWACITA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nias Utara melaksanakan Sosialisasi Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan di Desa di Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula JJD Cafe dan Resto Desa Fadoro Fulolo Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara, Kamis (19/12/19).
Pembukaan Sosialisasi Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan Desa di Kabupaten Nias Utara Tahun 2019

Nias Utara, NAWACITA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nias Utara melaksanakan Sosialisasi Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan di Desa di Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula JJD Cafe dan Resto Desa Fadoro Fulolo Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara, Kamis (19/12/19).

Baca Juga: Diduga Gunakan Ijazah Palsu, FZ Melenggang sebagai BPD Desa Lauru

Dalam laporan Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Utara yang disampaikan oleh Sekretaris, Drs. Emanueli Zalukhu bahwa tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penyususunan peraturan di Desa sehingga peraturan Desa yang diterapkan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut secara bergelombang mulai tanggal 19 Desember s/d 20 Desember 2019 yang di ikuti oleh 448 orang dimana peserta tersebut Kepala Desa, Kasi Pemerintahan, Kasi kesejahteraan dan Pelayanan dan Kaur Perencanaan di masing-masing Desa Se- Kabupaten Nias Utara, dan yang menjadi Narasumber yaitu Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Utara Raradodo Waruwu, SH, Sekdis PMD Drs. Emanueli Zalukhu, Kabag Hukum Setda Kabupaten Nias Utara Erlius Hulu, SH, Kabid Pemdes Dinas PMD Alius Nazara, SH.,MM dan Kabid Puem Dinas PMD Sukemi Harefa, SE.

Baca Juga: Listrik Bertegangan Tinggi, Ratusan Bola Lampu Rumah Penduduk Putus

Bupati Nias Utara yang di wakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Filifo Harefa, SH dalam arahannya menyampaikan bahwa UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa tertulis bahwa peraturan Desa ditetapkan oleh Kepala Desa dan disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Penyusunan peraturan Desa tentang RKP Desa dan peraturan Desa tentang APBDESA diharuskan ditetapkan tetap waktu, yakni RKP Desa disusun pada bulan Juli dan ditetapkan pada bulan September dan APBDESA disusun mulai bulan Oktober dan ditetapkan paling lambat 31 Desember sebelum tahun anggaran.

Terkait dengan Peraturan Bupati Nias Utara tentang Daftar Kewenangan Desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala Desa yang tidak lama lagi akan ditetapkan maka Desa harus menyusun Peraturan Desa berdasarkan hak asal usul dan dan kewenangan lokal berskala Desa.

Mengingat waktu pelaksanaan Pelatihan dan sosialisasi tentang Aparatur Pemerintahan di Desa terbatas, Bupati Nias Utara yang di wakili oleh Asisten  Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Filifo Harefa, SH mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat memberikan perhatian khusus dan fokus dalam mengikuti materi yang disampaikan para Narasumber, dan kegiatan Sosialisasi tentang Pedoman Teknis Penyusunan Peraturan di Desa di Kabupaten Nias Utara Tahun 2019 di buka secara resmi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Utara, Camat se-Kabupaten Nias Utara, Narasumber, ASN dan THL Dinas PMD Kabupaten Nias Utara dan seluruh peserta.

Ibezanolo Zega (Nawacitapost, Nias Utara)

Comments are closed.