Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Nias Utara

3
308
Nias Utara, NAWACITA - Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas.
Akreditasi Puskesmas di Kabupaten Nias Utara

Nias Utara, NAWACITA – Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas.

Baca Juga: Edward Zega Sambut Kehadiran Pasangan AMAN di Sekretariat DPC Partai Demokrat Nias Utara

Usaha tersebut antara lain pengembangan sistem manajemen mutu, perbaikan kinerja secara berkesinambungan baik dalam pelayanan klinis, manajemen maupun penyelenggaraan kesehatan serta mendatangkan Tim Surveior Akreditasi yang ditentukan melalui Komisi Akreditasi Nasional FKTP Kemenkes RI yang bertujuan untuk mengetahui apakah Puskesmas di Kabupaten Nias Utara sudah bekerja sesuai standar, meningkatkan mutu dan kinerja.

Di Kabupaten Nias Utara ada beberapa Puskesmas yang sudah Terakreditasi antara lain : Pada Tahun 2018 yaitu Puskesmas Tuhemberua (Status Dasar), Puskesmas Namohalu (Status Dasar) dan Puskesmas Alasa (Satus Dasar). Tahun 2019 yaitu Puskesmas Lahewa (Status Utama), Puskesmas Sawo (Status Madya), Puskesmas Afulu (Status Dasar), Puskesmas Lahewa Timur (Status Dasar), Puskesmas Awa’ai (Status dalam Proses) dan Puskesmas Tugala Oyo (Status dalam Proses). Sedangkan pada Tahun 2020 mendatang akan dilanjutkan Penilaian Puskesmas oleh Tim Surveior Komisi Akreditasi Nasional FKTP Kemenkes RI terhadap Puskesmas Lotu dan Puskesmas Alasa Talu Muzoi.

Baca Juga: Ya’ahowu Nias Festival 2020, akan Digelar di Nias Utara

Peraturan Kemenkes tentang jaminan Kesehatan Nasional mewajibkan fasilitas kesehatan tingkat pertama termasuk tingkat Puskesmas harus terakreditasi seperti yang tertuang dalam Permenkes No. 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, Permenkes No. 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi FKTP dan Permenkes No. 44 Tahun 2016 tentang Pedoman Manajemen Puskesmas.

Selain Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan (Akreditasi), Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Nias Utara juga telah melakukan peningkatan Pembangunan Puskesmas antara lain Pembangunan Puskesmas Awa’ai, Puskesmas Tugala Oyo, Puskesmas Lotu dan Puskesmas Namohalu Esiwa.

Akreditasi terhadap Puskesmas di Kabupaten Nias Utara sebagai langkah positif dalam menjaga kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Akreditasi tersebut penting agar kualitas pelayanan kesehatan terjaga, mampu diintegrasikan, dan dibudayakan dalam melayani kesehatan masyarakat serta harus terus berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas, kepercayaan dan kepuasan masyarakat di Kabupaten Nias Utara.

Ibezanolo Zega (Nawacitapost, Nias Utara)

Comments are closed.