Rehab Warga Binaan, Lapas Perempuan MOU dengan RBM Khatulistiwa

0
273
Pontianak, NAWACITA - Upaya merehabilitasi warga binaannya dari kecanduan narkoba, Lapas Perempuan Kelas II A Pontianak MOU dengan Lembaga Rahabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat Khatulistiwa (RBM Khatulistiwa ).
Rehab Warga Binaan, Lapas Perempuan MOU dengan RBM Khatulistiwa

Pontianak, NAWACITA – Upaya merehabilitasi warga binaannya dari kecanduan narkoba, Lapas Perempuan Kelas II A Pontianak MOU dengan Lembaga Rahabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat Khatulistiwa (RBM Khatulistiwa ).

Rehab selama empat bulan itu direncanakan dilaksanakan mulai 2 Januari 2020 mendatang, dengan perserta sebanyak 100 warga binaan.

Baca Juga: DPD KAI Kalbar Bersama Fak. Hukum UNTAN, Selenggarakan PKPA bagi Calon Advokat

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pontianak Jaleha Khairan Noor, Bc.IP dalam kata sambutannya saat pertemuan 16/12/2019, berharap rehab yang dilaksanakan bisa berjalan lancar. Mengingat terbatasnya tempat rehab menurutnya akan dilaksanakan secara bertahap.

Di tempat yang sama M. Zaini Yahya, S.Sos. Ketua RBM Bumi Khatulistiwa Kalbar menjelaskan, untuk melaksanakan rehab ada standar operasi yang mesti dilakukan, yang pertama akan dilakukan pemeriksaan medis oleh tenaga kesehatan dan pemeriksaan psikis oleh psikolog. “Kalau ada gangguan jiwa peserta akan dilakukan rujukan ke RS Jiwa terlebih dahulu. Tahap berikutnya kita lakukan rehab sosial selama tiga bulan,” Jelasnya.

Menurut Zaini, pihaknya sudah melakukan rehab seperti ini sejak thn 2013 yang lalu dan sudah sekitar 500 klien yg direhab. Selain di Kalbar, pihaknya juga sudah melakukannya di luar pulau.

abr (nawacitapost, kalimantan barat)