Peduli Lingkungan, Pemprovsu Serahkan 3 Unit Becak Sampah untuk Setiap Kabupaten/Kota di Nias

1
407
Gunungsitoli, NAWACITA - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara menyalurkan bantuan kendaraan becak sampah kepada 4 (empat) Pemerintah Daerah di Kepulauan Nias (Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Barat) yang dipusatkan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli di Desa Dahana Tabaloho. Selasa, 17 Desember 2019.
Peduli Lingkungan, Pemprovsu Serahkan 3 Unit Becak Sampah untuk Setiap Kabupaten/Kota di Nias

Gunungsitoli, NAWACITA – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara menyalurkan bantuan kendaraan becak sampah kepada 4 (empat) Pemerintah Daerah di Kepulauan Nias (Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias Barat) yang dipusatkan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli di Desa Dahana Tabaloho. Selasa, 17 Desember 2019.

Baca Juga: Tidak Boleh ada Mercon dan Petasan selama Perayaan Natal dan Tahun Baru

Mewakili Pemerintah Se-Kepulauan Nias dalam hal ini Walikota Gunungsitoli yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Arham Dusky Hia mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera yang telah menyerahkan bantuan kendaraan bermotor roda tiga (Becak Sampah) kepada pemerintah setempat. Pemerintah Kota Gunungsitoli sendiri mengakui adanya keterbatasan anggaran dan mengharapkan kiranya dari Provinsi Sumatera Utara tetap memberikan dukungan dan bantuan teknis untuk peningkatan pengelolaan persampahan.

Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Dr. Ir. Binsar Situmorang, M.Si, M.AP dalam sambutannya menyampaikan bahwa Provinsi Sumatera Utara tetap mendukung peningkatan program Lingkungan Hidup dan beliau sampaikan bahwa di Tahun 2020 akan ada program “Bank Sampah” dan kiranya 4 pemerindah daerah Se-Kepulauan Nias dapat giat merespon program dari Provinsi ini.

Baca Juga: Sejumlah Ruas Jalan Lingkar Kota, akan Ditingkatkan Penggunaannya di Tahun 2020

Kadis Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Yarniwaty Gulo menambahkan bahwa secara umum pengelolaan lingkungan hidup sudah dimulai dan semakin ditingkatkan baik penataan dan penaatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan, pengelolaan sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas juga Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, namun diyakini bahwa masih terdapat kekurangan. Untuk diketahui bahwa dalam kurun waktu 4 tahun terakhir ini, Pemerintah Kota Gunungsitoli tidak menerima dana DAK dikarenakan belum memenuhi syarat teknis untuk itu.

Namun demikian tetap komit melakukan langkah-langkah konkrit untuk memperlengkapi dan memenuhi berbagai instrumen dan tahapan kerja yang disyaratkan dalam pengelolaan sampah sehingga satu saat nantinya dapat kita dapatkan kembali DAK dan berbagai bantuan lainnya baik dari PemerintahPusat maupun Pemerintah Provinsi, khusus bidang lingkungan hidup ini.

Selanjutnya Yarni Gulo juga mengharapkan dukungan masyarakat Kota Gunungsitoli atapun masyarakat yang berkunjung ke Kota Gunungsitoli untk tetap menjaga kebersihan lingkungan/tidak membuang sampah sembarangan dan meningkatkan terus kelestarian lingkungan.

Untuk diketahui ada total 12 unit sepeda motor roda 3 dan masing-masing 4 Pemda Sekepulauan Nias menerima 3 unit.

Turut hadir Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Nias Utara, Nias Barat, Nias Selatan, rombongan Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Sumatera, beserta undangan lainnya.

Alexius Telaumbanua (Nawacitapost, Gunungsitoli)

Comments are closed.