Lapas Wanita Sungai Kakap, Butuh Fasilitas Penunjang

1
246
Pontianak, NAWACITA - Lembaga Pemasyarakatan Wanita di Kalimantan Barat hanya Ada 1 unit saja. Adapun lokasinya berada di pinggiran kota Pontianak tepatnya di Desa Parit Gadog Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya.
Lapas Wanita Sungai Kakap, Butuh Fasilitas Penunjang

Pontianak, NAWACITA – Lembaga Pemasyarakatan Wanita di Kalimantan Barat hanya Ada 1 unit saja. Adapun lokasinya berada di pinggiran kota Pontianak tepatnya di Desa Parit Gadog Kec. Sui Kakap Kab. Kubu Raya. Kapasitas Lahan sebesar 4 hektar, namun Luas Bangunan Hanya sepertiganya saja begitu penuturan Kalapas Wanita, Jaleha. 16/12/2019.

Selain itu fasilitas lain juga sangat diperlukan seperti: lahan olah raga, balai pertemuan yang memadai untuk para warga binaan. Dari kapasitas 150 orang menjadi 200 orang, artinya sudah overcapacity.

Baca Juga: Jalur Trans Kalimantan, Sepanjang 10 Km Terendam Banjir

Dibangun di daerah persawahan membuat Lapas Wanita tersebut perlu penanganan lebih, khusus penimbunan lahan yang 70% masih sawah dan banjir jika curah hujan meningkat dan menggenangi sekeliling lapas.

Program Kalapas dalam memberdayakan warga binaan berjalan baik, menyesuaikan minat dan bakat warganya, seperti salon kecantikan, kreasi tangan dan masakan.

Fasilitas lain juga seperti Kamera pemantau atau CCTV juga masih minim dan Rumah Dinas Staf yang belum ada. Untuk sementara hanya tersedia Rumdis Kalapas, kata Ibu Jaleha.

Ambo (Nawacitapost, Kalimantan Barat)

Comments are closed.