Bimtek di Mojokerto, Bekali Ketua dan Divisi Teknik Kehumasan

0
88
Mojokerto, NAWACITA - Mengadakan Bimbingan Teknis Kehumasan Bersama dengan KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) membekali peserta mengenai teknik-teknik kehumasan.
Bimtek di Mojokerto, Bekali Ketua dan Divisi Teknik Kehumasan

Mojokerto, NAWACITA – Mengadakan Bimbingan Teknis Kehumasan Bersama dengan KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) membekali peserta mengenai teknik-teknik kehumasan. Bimtek dilaksanakan selama tiga hari, Selasa-Kamis, tanggal 10 sampai 12 Desember 2019 di hotel Ayola Sunrise Mojokerto.

Hadir dari KPU Jatim, para Komisioner, Sekretaris dan subbagian Teknis dan Hupmas KPU Jatim. Sedangkan peserta berasal dari 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, yang terdiri dari Ketua dan Divisi yang membidangi kehumasan yakni Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM.

Baca Juga: Bangun Sportivitas, Mental dan Karakter Bangsa, Perwosi Jatim Gelar Pelatihan Petanque

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan pada bimtek kali ini melibatkan Ketua KPU Kabupaten/ Kota, karena penting agar Ketua memahami teknik-teknik kehumasan juga.

“Di KPU tidak ada orang yang secara khusus direkrut menjadi humas, sehingga mengandalkan Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM yang lebih banyak berkomunikasi dengan stakeholder di luar KPU. Selain Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, saat ini yang sering dicari oleh publik yakni Ketua. Karena apapun kalau pernyataannya Ketua, dianggap memiliki nilai lebih di publik,” papar Ketua KPU Jatim dalam sambutannya (10/12/2019).

Sementara itu, menurut Anam, model kehumasan di KPU Provinsi Jawa Timur selain Ketua dan Divisi Sosdiklih; Parmas dan SDM, juga mendisposisikan ke Divisi yang lain untuk menyampaikan pernyataan dan sikap lembaga. Pendisposisian ini disesuaikan dengan Divisi yang membidangi.

“Ini salah satu model kehumasan di KPU Provinsi. Silahkan KPU Kabupaten/ Kota memiliki kesepakatan bersama untuk model kehumasan ini,” ujar Anam.

Baca Juga: Emil Dardak: Anak Muda Miliki Potensi Kembangkan Bisnis dan Teknologi

Usai sesi pembukaan dilanjutkan dengan pengarahan umum dari Komisioner KPU Jatim, lalu pemberian penghargaan bagi pengelolaan website KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Dan dilanjutkan dengan materi Peran Kehumasan dalam Membangun Citra Positif Lembaga (Rizqiani Putri/ Dosen UNAIR Surabaya), produksi audio visual via gadget untuk kepentingan sosialisasi dan kehumasan (Wida Subianto/ Presenter Trans TV), Teknik membangun komunikasi dengan media (MAchmud Suhermono/ PWI Jatim), dan sebagainya.

BNW (Nawacitapost, Jawa Timur)