Ya’ahowu Nias Festival 2020, akan Digelar di Nias Utara

4
884
Nias Utara, NAWACITA - Yaahowu Nias Festival adalah salah satu kegiatan yang digelar setiap tahunnya di kepulauan Nias. Kegiatan tersebut sudah terdaftar dalam kalender nasional dan termasuk 100 event kegiatan pariwisata nasional.
Ya'ahowu Nias Festival 2020, akan Digelar di Nias Utara. Foto: Kepala Dinas pariwisata Kabupaten Nias Utara, Bazisokhi Hulu

Nias Utara, NAWACITA – Yaahowu Nias Festival adalah salah satu kegiatan yang digelar setiap tahunnya di kepulauan Nias. Kegiatan tersebut sudah terdaftar dalam kalender nasional dan termasuk 100 event kegiatan pariwisata nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas pariwisata Kabupaten Nias Utara, Bazisokhi Hulu saat bincang-bincang dengan awak media di ruang kerjanya, Jumat (6/12/19).

Baca Juga: Dana Desa jadi Dana Dosa, Tolonglah Pak Jokowi

Kepada awak media, Bazisokhi lebih detail menjelaskan bahwa Ya’ahowu Nias Festival nama sebelumnya adalah Pesta Ya’ahowu, namun seiring berjalan waktu dan perkembangan zaman, kini namanya diganti menjadi “Yaahowu Nias Festival” , jelas Bazisokhi.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pagelaran Ya’ahowu Nias Festival ini dilaksanakan setiap sekali setahun dan dipusatkan di setiap daerah di kepulauan Nias secara bergilir, contohnya seperti di kabupaten Nias Barat yang barusan diselenggarakan, mereka sebagai tuan rumah. Jadi untuk tahun 2020 kalau tidak ada aral melintang, Nias Utara menjadi tuan rumah.

“Nah, pada moment seperti inilah seluruh masyarakat Nias melaksanakan berbagai kegiatan untuk ditampilkan pada acara Akbar tersebut, seperti penampilan budaya : maena, tari, pameran baju adat, dan sebagainya. Dan itu akan diperlombakan”, jelas Bazisokhi.

Selain menampilkan budaya Nias, ditampilkan juga hal lain seperti hasil kekayaan alam masing-masing kabupaten / kota, khas makanan, dan banyak lagi yang menjadi daya tarik ketika menghadiri kegiatan tersebut.

Baca Juga: Perayaan Natal Bersama Polri-TNI Ono Niha Sejabodetabek

Mengenai rencana untuk pelaksanaan Ya’ahowu Nias Festival untuk tahun 2020, rencana kita di Nias Utara menjadi tuan rumah, jadi kita berharap kiranya masyarakat Nias Utara pada saat itu bisa hadir dan meramaikan pesta Akbar tersebut, himbau Kadis pariwisata.

Ibezanolo Zega (Nawacitapost, Nias Utara)

Comments are closed.