DPRD Nisel Paparkan Aspirasi Masyarakat dari Hasil Reses

3
345
Teluk Dalam, NAWACITA - Pelaksanaan Reses Pimpinan dan anggota DPRD Nisel yang dimulai tanggal 30 November sampai 05 Desember 2019 yang dilaksanakan disetiap daerah pemilihannya (Dapil) berjalan dengan sukses.
DPRD Nisel Paparkan Aspirasi Masyarakat dari Hasil Reses

Teluk Dalam, NAWACITA – Pelaksanaan Reses Pimpinan dan anggota DPRD Nisel yang dimulai tanggal 30 November sampai 05 Desember 2019 yang dilaksanakan disetiap daerah pemilihannya (Dapil) berjalan dengan sukses.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Nisel Fa’atulo Sarumaha, S. IP., MM kepada wartawan saat menggelar konferensi Pers di Media Center DPRD Nisel, Jalan Saonigeho Km. 3 Teluk Dalam, Jumat (6/12/2019).

Baca Juga: Dana Desa jadi Dana Dosa, Tolonglah Pak Jokowi

Politisi Senior Partai Nasdem itu mengatakan bahwa semua aspirasi masyarakat telah diterima dalam bentuk satu laporan oleh masing – masing DPRD yang telah melaksanakan reses disetiap Dapilnya dan DPRD Nisel akan bawa Kesidang paripurna untuk pembahasan TA. 2021.

“Dan inilah yang perlu kita apresiasi bahwa pelaksanaan reses selama 5 hari berjalan dengan baik dan semua apa yang menjadi keluhan masyarakat, oleh lembaga ini menampung melalui pelaksanaan reses disetiap Dapil”, pungkas Sarumaha.

Juga dalam kesempatan ini, Ketua Komisi I DPRD Nisel, Memoris Fau, SH mengatakan bahwa pada perkembangannya Desa Bawomataluo adalah icon pariwisata yang sifatnya harus penuh perhatian khusus di tempat itu. Ini akan dikaji kedepan keberadaan desa Bawomataluo sebagai destinasi wisata yang merupakan desa cagar budaya nasional yang ditetapkan pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan RI.

Sesuai pantauan, desa Bawomataluo itu rawan longsor, maka nanti pihaknya akan memohon perhatian pemerintah daerah kabupaten nias selatan dengan bekerja lembaga DPRD untuk bisa dianggarkan atau diusulkan di propinsi dan dipusat, cetus Politisi Perindo itu.

Fau menyampaikan bahwa berbicara masalah Desa Bawomataluo sebagi tempat wisata bukan karena dirinya sebagai putra daerah, tetapi masalah icon dan aset daerah.

Baca Juga: Olina Gea, Korban Kecelakaan Truk Pengangkut Pekerja, Meninggal Dunia

Sementara Ketua Komisi III DPRD Nisel, Pegangan Dakhi, S. Pd mengatakan bahwa kegiatan reses ini, masyarakat sangat antusias mengukutinya. Karena reses ini sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat langsung kebawah dan ketemu sama masyarakat.

Dalam acara reses ini, Politisi Partai Nasdem itu mengatakan bahwa beberapa aspirasi masyarakat telah ditampung, seperti pembangunan jalan, pembangunan sekolah, dan penambahan tenaga spesialis disetiap puskesmas, dan di RSUD. Lukas, dan ini akan diserahkan kepada pemerintah daerah Nisel melalui sidang paripurna guna dibahas bersama, kata Ketua Komisi III DPRD Nisel itu.

Lebih lanjut, Ketua Fraksi Partai Perindo, Tongoni Tafonao, BA mengatakan bahwa melalui pelaksanaan resesnya yang dipusatkan di Kecamatan Gomo, yang juga diikuti tokoh masyarakat dari kecamatan Boronadu, dan Idanotae telah menyampaikan keluhan mereka, dan semua aspirasi itu telah ditampung.

“Aspirasi masyarakat ketiga Kecamatan itu, terdiri dari beberapa sektor yaitu Infrastruktur, dan sarana pendidikan dan kesehatan. Selain infrastruktur jalan, sarana pendidikan dan kesehatan, juga masyarakat ketiga kecamatan di Dapil 4 sangat mengharapkan penambahan tenaga pendidik, dimana masih ada beberapa sekolah yang hanya satu PNS yaitu Kaseknya sendiri, selain itu GTTD sekolah yang gajinya bersumber dari dana BOS “, sebut Tafonao.

Dari Konferensi Pers ini, Ketiga Pimpinan DPRD Nisel itu, Wakil Ketua, Ketua Komisi I, III dan Ketua Fraksi Partai Perindo sepakat mengawal aspirasi masyarakat disetiap tahapan pembahasan bersama masyarakat.

Disinggung masalah tindaklanjut pembangunan Bandara Silambo, DPRD Nisel siap mendukung dan mengawal pembangunan yang telah dianggarkan TA. 2020.

Riswan Gowasa (Nawacitapost, Nias Selatan)

Comments are closed.