MUBES ke-IV IKNR Provinsi Riau, AKBP Peniel Zalukhu terpilih sebagai Ketua Umum

16
957
DPP Ikatan Keluarga Masyarakat Nias Riau (IKNR), menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke IV (empat), yang diselenggarakan di Hotel Furaya, Jalan Sudirman, Pekanbaru-Riau
MUBES ke-IV IKNR Provinsi Riau, AKBP Peniel Zalukhu terpilih sebagai Ketua Umum

Siak, NAWACITA – DPP Ikatan Keluarga Masyarakat Nias Riau (IKNR), menggelar Musyawarah Besar (Mubes) ke IV (empat), yang diselenggarakan di Hotel Furaya, Jalan Sudirman, Pekanbaru-Riau. Sabtu, 23/11/2019.

Baca Juga: Rakorpusda TPID dihadiri oleh Sekda Kabupaten Siak

Kegiatan MUBES IKNR ini diawali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, Mars Tano Niha  dan tarian Melayu yang dibawakan oleh kelompok Sanggar Budaya dan Kesenian Provinsi Riau. Kemudian dilanjutkan dengan tarian pemberian sirih dalam budaya Nias, kepada Wakil Gubernur Riau, H.Edy Natar Nasution,S.IP, Ketua DPRD Provinsi Riau, Robin Hutagalung dan Ketua Umum IKNR, Sefianus Zai, SH.

Ketua Panitia Mubes Ke IV IKNR Provinsi Riau, Waa H.P. Gulo mengatakan bahwa terlaksananya MUBES ini tidak terlepas karena saran dan dukungan semua yang hadir pada hari ini. Terutama para Penasehat, yang selama beberapa minggu terakhir kami sibukkan dengan kunjungan dan diskusi mengenai acara ini.

“Saya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan para donatur, terlebih kepada Pemerintah Provinsi Riau, dalam hal ini Bapak Wakil Gubernur H. Edy Natar Nasution,S.IP dan juga Ketua DPRD Provinsi Riau, Bapak Robin Hutagalung yang telah meluangkan waktunya menghadiri Mubes Ke IV IKNR Provinsi Riau. Ucapan terimakasih juga saya haturkan buat Ketua DPD HIMNI Drs. Sozifao Hia, M.Sc., sekaligus sebagai Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Pelalawan, dan Ketua-Ketua Ormas masyarakat Nias yang ada di Riau seperti Onur, Ikranis, Nias Barat dan STM Marga yang hadir untuk menyukseskan acara MUBES tahun ini”, kata Gulo.

Baca Juga: Taktik Jokowi, Tidak Sekadar Tik-Tok

Mubes ke-lV, DPP IKNR – Riau, mengangkat tema, “Memperkuat Tali Silaturahmi dalam Menyalurkan Gagasan dan Mempersatukan Masyarakat Nias yang ada di Provinsi Riau.

Sefianus Zai, SH, Ketua Umum IKNR periode 2015- 2019, menyampaikan kepada seluruh peserta rapat, bahwa siapapun yang nantinya terpili menjadi Ketua Umum, harus tetap memiliki visi dan misi untuk memajukan IKNR dalam peran mempersatukan warga Nias ada di Riau.

Ketua IKNR ini juga menjelaskan bahwa masyarakat Nias yang ada di Riau, 75% bekerja di perkebunan Sawit dan Akasia. masyarakat Nias yang berstatus PNS masih sangat sedikit dan dalam hitungan jari.

Sefianus juga mengungkapkan harapannya dihadapan Wakil Gubernur dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau agar memberi perhatian pada warga Nias dalam mendapatkan haknya sebagai warga NKRI.

“Kami berharap warga Nias yang bekerja di kebun Sawit dan Akasia (Arara Abadi & RAPP), dibantu agar hak-hak mereka tidak terkebiri dan diabaikan oleh perusahaan. Kerap terjadi intimidasi atau sejenisnya. Semoga Ketua terpilih nantinya akan bekerja lebih keras lagi dalam membantu mencari solusi bagi warga kita Nias”, jelas Sefianus.

Suasana MUBES ke IV IKNR
Baca Juga: Daya Dobrak AHOK, Menggenjot Pembangunan Kilang Minyak

Penasehat dan pendiri IKNR, Fam Zebua menyampaikan dengan tegas bahwa IKNR merupakan wadah untuk mempersatukan masyarakat Nias dalam segala kegiatan sebagaimana tercatum dalam AD/ ART.

“Siapapun Ketua terpilih nantinya, agar tetap memperhatikan hal itu, dan berupaya meningkatkan pola komunikasi dalam menjalin hubungan yang baik kepada masyarakat,  terlebih kepada pemerintah setempat. Ketua harus memiliki spirit pelayanan, terutama dalam menjalankan program-program untuk kemajuan IKNR. DPD dan DPC IKNR juga harus dibentuk untuk semakin merekatkan tali persaudaraan. Semoga MUBES ini, mampu menjadi alat yang memperkokoh kesatuan kita sebagai masyarakat Nias”, jelas Zebua.

Baca Juga: Bupati Siak, Alfedri, Tinjau Pelaksanaan Pilpung Serentak di Kampung Suak

Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution, S.IP., membuka secara resmi MUBES ke IV IKNR ini, dengan memukul Gong sebanyak tiga kali. Dalam sambutannya, Edy Natar menyampaikan bahwa populasi masyarakat Nias yang ada di Riau, sekitar 30 ribu orang yang tersebar di seluruh daerah di Provinsi Riau. Beliau juga berjanji akan mencari dan memberi solusi yang tepat terkait dengan persoalan yang dihadapi oleh warga Nias, khususnya yang bekerja di perkebunan Sawit dan Akasia.

“Terimakasih sudah mengundang kami, dan saya secara pribadi bahagia bisa datang ke MUBES IKNR ini. Sebagaimana permintaan Ketua IKNR sebelumnya, kita akan tetap follow up dan mencari solusi hukum yang pasti, agar masyarakat Nias terhindar dari segala bentuk intimidasi dan penngebirian hak oleh perusahaan. Saya berharap, Ketua terpilih mampu menahkodai IKNR dan bekerja dengan tulus dalam mempersatukan masyarakat Nias yang ada di Riau”, jelas Edy.

Pemilihan Ketua Umum IKNR

Tepat pukul 13.00 WIB, Pimpinan Sidang Pemilihan Ketua IKNR 2019-2023, Bumantara Gani, dengan anggota Meitinus Zebua, Yermias Duha, S.Kom., M.Kom.,  langsung menyampaikan tata tertib acara Sidang MUBES ke IV DPP IKNR Riau 2019.

Setelah melalui diskusi alot mengenai dinamika pemilihan Ketua Umum dan sharing pendapat dari Ketua DPD dan DPC, tepat pada pukul 16.38 WIB, Pimpinan Sidang membacakan 5 nama Calon Ketua Umum, yakni Fam Zebua, Sefianus Zai, AKBP Peniel Zalukhu, SH, Sokhiaro Halawa dan F. Gulo.

Peserta MUBES ke IV IKNR Riau

Pimpinan Sidang kemudian menanyakan kepada kelima bakal calon yang ditunjuk oleh peserta Rapat, dan 4 Calon Ketua Umun menyatakan dihadapan rapat untuk mundur, sehingga hanya AKBP Peniel Zalukhu, SH., yang tetap bertahan.

Ketua Umum IKNR 2019-2023: AKBP Peniel Zalukhu, SH., MH.

Akhirnya, seluruh peserta rapat secara aklamasi menyetujui Ketua Umum IKNR terpilih adalah AKBP Peniel Zalukhu, SH., untuk periode 2019- 2023. Sekertaris Umum, Yermias Duha, S.Kom, M.Kom dan Bendahara Umum, Sokhiatulo Laia (Talabu).

Sebagai Ketua Umum IKNR terpilih, AKBP. Peniel Zalukhu, SH., dalam sambutannya, menyampaikan harapannya akan kerjasama semua peserta yang telah hadir hari ini.

“Keterpilihan saya sebagai Ketua Umum IKNR merupakan amanah yang harus dijalankan. Walaupun terkesan menjadi beban, semoga saya mampu mengembannya dengan baik sesuai dengan visi dan misi IKNR. Ucapan terimaksih saya sampikan kepada seluruh Pembina dan Penasehat, secara khusus kepada Mantan Ketua Umum, Bapak Sefianus Zai, SH yang telah membuat Ono Niha jadi dikenal, baik di pemerintahan maupun di kalangan masyarakat Riau. Ini semua terjadi karena relasi beliau dan saya salut kepada beliau. Semoga kedepannya, IKNR menjadi lebih solid dan mampu bekerjasama dengan baik. demi Ono Niha di Riau”, harap Peniel.

AKBP Peniel Zalukhu, SH., MH.

“Program-program yang digagas sebelumnya akan tetap kita lanjutkan. Keberadaan saya yang masih berdinas di Polda Riau, harus mampu membagi waktu demi masyarakat kita Nias melalui wadah Ikatan Keluarga Nias Riau (IKNR) ini. Saya mengharapkan kerjasama dari DPD & DPC IKNR se-Provinsi Riau untuk tetap membangun komunikasi dan saling bekerja dalam keterbukaan dan trasparan, demi keutuhan IKNR kedepannya. Tak lupa juga, saya ucapkan terimaksih kepada seluruh panitia yang menyukseskan acara Mubes ke IV (Empat) DPP IKNR Provinsi Riau. Tanpa Panitia yang sudah berletih-lelah, maka acara MUBES kali ini tidak akan terlaksana sebagaimana mestinya”, ungkap Peniel dengan wajah bersemangat. Hidup IKNR, Ono Niha Jaya! Ya’ahowu.

Sokhiaro Halawa (Nawacitapost, Kabupaten Siak)

Comments are closed.