Kasus Kebakaran Terus Meningkat, Damkar Bekasi Butuh Fasilitas

2
357

Bekasi,NAWACITA-Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi butuh fasilitas pendukung dengan meningkatnya kasus kebakaran di Kota Bekasi, Jawa Barat, Kamis (21/11).

“Dari awal tahun 2019, tercatat sudah 317 kasus kebakaran di Kota Bekasi. Berarti bulan November ini sudah ada 7 kasus,” ungkap Kepala Dinas Damkar Kota Bekasi, Aceng Solahudin seperti dilansir Warta Sidik.

Dari berbagai kasus kebakaran, serta antisipasi petugas dalam memerankan aksi saat terjadi kebakaran sangatlah minim fasilitas. “Jangankan tangga untuk antisipasi kebakaran gedung bertingkat-tingkat, selang saja sambungan semua bang,” ujarnya.

Dikatakan, standar dari satu unit mobil damkar, harusnya ada lima selang, dengan ukuran 2.5 inch. “Fasilitas sedang kita usahakan, tanpa fasilitas lengkap, petugas damkar tetap menjalankan tugas sesuai tupoksi,” katanya.

Aceng menambahkan, selain fasilitas, pihaknya juga akan menambahkan sektor pada tiap kecamatan, karena setiap kecamatan harus ada satu sektor Damkar. “Kita tetap upayakan apa yang sudah menjadi tugas Damkar, khususnya di Kota Bekasi,” bebernya.

Terpantau olehnya, beberapa gedung di Kota Bekasi tidak memiliki standar keamanan sesuai dengan luas dan tingginya bangunan. Selain itu, sambung Aceng, pada wilayah pemukiman, banyak juga hambatan yang didapat, seperti jalan-jalan yang di portal, parkir kendaraan depan rumah di gang yang sempit, serta beberapa wilayah ada juga warga yang tidak tanggap dalam memberikan bantuan pertama.

“Kendala yang sering kita temukan banyaknya portal di wilayah pemukiman, dan warga yang sibuk selfie,” pungkasnya.

Comments are closed.