Programkan Pengadaan 11 Kapal Penangkap Ikan, DKP Nisel Fokus pada Pemberdayaan Nelayan

0
137
Rapat Kerja Pembahasan Ranperda APBD TA. 2020 antara Komisi 2 DPRD bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Nisel mendapat kesepakatan dan ditetapkan pagu dana DKP Nisel tahun 2020 sebesar Rp. 3. 783.640.000.
Programkan Pengadaan 11 Kapal Penangkap Ikan, DKP Nisel Fokus pada Pemberdayaan Nelayan

Teluk Dalam, NAWACITA – Rapat Kerja Pembahasan Ranperda APBD TA. 2020 antara Komisi 2 DPRD bersama Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Nisel mendapat kesepakatan dan ditetapkan pagu dana DKP Nisel tahun 2020 sebesar Rp. 3. 783.640.000.

Baca Juga: Antusias Peroleh WTP 2020, Komisi III DPRD Nisel Apresiasi BPKPAD Raih WDP

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi 2 DPRD Nisel Asazatulo Giawa yang didampingi oleh Wakil Ketua Komisinya, Nurlimawati Loi, dan sekretaris komisi, Kristian Laia melalui konferensi Pers yang digelar di Media Center DPRD Nisel, jalan Saonigeho Km. 3 Teluk dalam, Jumat (15/11/2019).

Beberapa program kerja yang disampaikan oleh DKP di Komisi 2, yakni program pengadaan sarana dan prasarana pemberdayaan usaha skala kecil masyarakat, Ucap Ketua Komisi 2 itu.

Asazatulo Giawa menyebutkan bahwa sarana dan prasarana yang diprogramkan DKP tersebut, yaitu pengadaan perahu nelayan tangkap ikan dengan ukuran kecil berkapasitas 3 GT dilengkapi dengan mesin, alat penangkap ikan serta alat bantu untuk diserahkan kepada masyarakat ke -3 kacamatan, yaitu Nelayan Teluk dalam, Hibala, dan Simuk, Sebut Giawa.

Selanjutnya, pengadaan perahu kapal dengan ukuran 3 – 4 GT disertai mesin, alat penangkap ikan untuk diserahkan kepada masyarakat (pihak ke-3), yaitu Kecamatan Teluk dalam, dan Hibala.

Seterusnya, program peningkatan produksi perikanan dan pengadaan kapal penangkap ikan, yaitu pengadaan perahu kapal bagan ukuran 1,5 GT sebanyak 11 unit untuk diserahkan kepada masyarakat.

Juga program sistem penyuluhan perikanan, yaitu fasilidasi data stastik perikanan, serta peningkatan daya saing produk Amdal dan sistim dampak lingkungan, kata Giawa.

Sementara Kadis Kelautan dan Perikanan Nisel, Seksama Sarumaha mengatakan bahwa program unggulannya tahun 2020 masih fokus pada usaha pemberdayaan nelayan dalam meningkatkan hasil produksi hasil tangkap nelayan di dalam penyediaan ikan untuk kebutuhan masyarakat Nisel.

Baca Juga: Alokasi Dana Dinas Pendidikan Nisel di Tahun 2020, Diprioritaskan untuk Beasiswa

Lebih lanjut, Seksama Sarumaha menyampaikan bahwa tahun 2020 pihaknya masih fokus pada penyediaan sarana dan prasarana perlengkapan penangkap ikan, dan pihaknya akan mensasarankan kepada kelompok nelayan dengan wilayah – wilayah yang ada di pesisir.

Seksama berharap bahwa dengan penyediaan sarana dan prasarana perlengkapan penangkap ikan ini, baik kapasitas 1,5 GT, maupun 3 GT sampai 4 GT bisa memberi kesempatan kepada nelayan – nelayan yang selama ini mengaku karena sarananya tidak bisa dimanfaatkan lagi, dan semoga bisa melanjutkan usahanya serta melaksanakan aktivitasnya untuk menangkap ikan, Harap Kadis DKP itu.

Riswan Gowasa (Nawacitapost, Nias Selatan)