Dinsos Nisel Luncurkan Program Baru 2020 ” RUTILAHU dan KUBE”

2
159
Rapat kerja antara Komisi 2 dan Dinas Sosial (Dinsos) Nisel dalam rangka pembahasan Ranperda tentang APBD TA. 2020 berlangsung alot.
Dinsos Nisel Luncurkan Program Baru 2020 " RUTILAHU dan KUBE"

Teluk dalam, NAWACITA – Rapat kerja antara Komisi 2 dan Dinas Sosial (Dinsos) Nisel dalam rangka pembahasan Ranperda tentang APBD TA. 2020 berlangsung alot.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komisi 2 DPRD Nisel Asazatulo Giawa melalui konferensi Pers yang digelar di Media Center DPRD Nisel, jalan Saonigeho Km. 3 Teluk dalam, jumat (15/11/2019).

Baca Juga: Bangga Sebagai Putra Nias, Prof. Suahasil Nazara Dukung Program HIMNI Jadikan Nias Sebagai Pulau Impian

Rapat kerja kedua lembaga tersebut, pihaknya menyepakati rencana kerja Dinsos TA. 2020 terkait masalah kesejahteraan masyarakat nisel, serta pagu dananya sebesar Rp. 4 Miliar, Ucap Giawa.

Ia menyebutkan bahwa beberapa program unggulan Dinsos Nisel tahun 2020, diantaranya: pemberdayaan fakir miskin komunitas adat terpencil dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), pelayanan rehabilitasi kesejahteraan sosial, yaitu pembentukan dan pelatihan kampung siaga bencana.

Selanjutnya, program pembinaan anak – anak terlantar dengan cara pengembangan bakat dan keterampilan, program penyandang cacat dan trauma, yaitu jaminan sosial bagi penyandang cacat berat, program pembinaan IKS penyandang penyakit sosial, dan program lembaga pemberdayaan kesejahteraan sosial.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Nisel, Intansani Haria membenarkan paparan ketua komisi 2 DPRD Nisel tersebut.

“Apa yang disampaikan oleh ketua komisi 2 tersebut, itu benar bahwa Dinsos 2020 memprogramkannya dan salah satunya pemberian bantuan Rumah untuk rumah keluarga tidak Layak Huni (RUTILAHU) bagi keluarga miskin”, Ucap Haria.

Baca Juga: Ahok jadi Dirut Pertamina?

Selain itu, Kadis Sosial memastikan bahwa untuk tahun 2020, BNPT bisa terealisasi melalui program E-warung, serta pelayanan data melalui aplikasi SISMG bisa memungkinkan kita 2020 mendapat data yang valid.

Juga pada tahun 2020, Dinsos telah memprogramkan pemberian bantuan kebutuhan dasar kepada disabilitas, lansia terlantar, anak terlantar, serta akan menyisir tahun ini 26 lainnya masalah sosial, tutur Haria.

Tahun 2020 juga pihaknya telah memprogramkan program kelompok usaha bersama (KUBE) yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten nisel, dan ia berharap agar program tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nisel.

Dinsos juga memprogramkan pada tahun 2020, masyarakat kembali mendapatkan  elpiji yang bersubsidi, sembako murah, tentu saya berharap agar seluruh pihak bisa bergandeng tangan supaya program pemerintah ini bisa berjalan dengan baik, pinta Kadis.

Dalam konferensi Pers tersebut, turut hadir Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Nisel, Nurlimawati Loi, dan Sekretaris Komisi 2 Kristian Laia, S. Kep. Ns, dan difasilitasi oleh Kabag Hukum dan Risalah Sekretariat DPRD Nisel.

Riswan Gowasa (Nawacitapost, Nias Selatan)

Comments are closed.