Kepala Dusun III Desa Berua, Diduga Menggunakan Ijazah Palsu

2
987
Penggunaan Ijazah paket C setara SMA sebagai bagian dari syarat mencalonkan diri sebagai kepala dusun, Oknum ITG yang kini sebagai kepala dusun III Desa Berua kecamatan Namohalu Esiwa diduga telah menggunakan ijazah paket C aspal
Kepala Dusun III Desa Berua, Diduga Menggunakan Ijazah Palsu

Nias Utara, NAWACITA – Penggunaan Ijazah paket C setara SMA sebagai bagian dari syarat mencalonkan diri sebagai kepala dusun, Oknum ITG yang kini sebagai kepala dusun III Desa Berua kecamatan Namohalu Esiwa diduga telah menggunakan ijazah paket C aspal (asli tapi palsu) untuk mencalonkan dirinya sebagai kepala dusun.

Baca Juga: Kabupaten Nias Utara Tampil pada event “Ya’ahowu Nias Festival” yang digelar di Nias Barat

Sementara diketahui sebelumnya bahwa oknum ITG telah menjabat sebagai kepala dusun III Desa Berua Kecamatan Namohalu Esiwa sejak tahun 2016.

Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada oknum ITG selaku pengguna ijazah paket C yang diduga palsu, Kamis (14/11/19) via selular. Kepada awak media, ITG menjelaskan bahwa terkait ijazah paket C yang dia pergunakan, masalah asli atau tidaknya ijazah tersebut dia tidak tahu.

Saya tidak tahu kalau ijazah yang saya miliki itu asli atau palsu, yang jelas setelah saya ajukan persyaratan dan sudah diverifikasi oleh Kades, Sekdes, dan Ketua BPD, dinyatakan lolos, jelas ITG.

Diwaktu yang sama, ketika dikonfirmasi dengan Kepala Desa Berua, Danasia Gea via selular. Kepada awak media dijelaskan bahwa kelolosan verifikasi foto copy ijazah milik ITG sudah dilegalisir basah oleh Dinas pendidikan Nias Utara. Artinya menurut kami foto copy ijazah tersebut asli.

Setelah dikonfirmasi dengan Kepala Desa, pada hari yang sama awak media juga melakukan konfirmasi kepada kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara; Zul Makmur Telaumbanua via pesan singkat WhatsApp terkait keabsahan ijazah paket C yang telah dilegalisir, namun hingga berita ini dilansir belum ada tanggapan dari Zul Makmur.

Baca Juga: Pemberangkatan Kontingen Kabupaten Nias Utara di Festival “Ya’ahowu Nias” di Nias Barat

Selanjutnya awak media berupaya untuk mendapatkan informasi lebih jelas dan tepercaya.
Terungkapnya masalah penggunaan ijazah paket C yang diduga palsu ini, adalah informasi dari sumber yang dapat dipercaya. Kepada awak media ia menjelaskan bahwa ketika pada saat pemilihan kepala dusun, dia (narasumber_red) bersama masyarakat lainnya pernah menyampaikan sanggahan kepada Kepala Desa Berua untuk meninjau ulang keabsahan ijazah yang dimiliki ITG, karena menurut mereka ijazah paket C tersebut asli tapi palsu alias aspal.

Kemudian karena surat sanggahan yang disampaikan kepada kepala desa tidak ada respon, narasumber bersama masyarakat lainnya melaporkan hal ini kepada ketua BPD dengan tujuan yang sama, yaitu meminta kepada BPD untuk meninjau ulang kembali ijazah milik ITG, namun hingga masalah ini dibeberkan kepada awak media, pihak BPD belum memberikan klarifikasi pengaduan masyarakat.

Narasumber berharap agar masalah ini segera terungkap kebenarannya.

Ibezanolo Zega (Nawacitapost, Nias Utara)

Comments are closed.