Alokasi Dana Dinas Pendidikan Nisel di Tahun 2020, Diprioritaskan untuk Beasiswa

5
782
Pada Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan melalui Dinas Pendidikan menambahkan 4 mata pelajaran muatan lokal baru tentang Budaya Nias Selatan
Alokasi Dana Dinas Pendidikan Nisel 2020, Diprioritaskan untuk Beasiswa

Teluk Dalam, NAWACITA – Pada Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Selatan melalui Dinas Pendidikan menambahkan 4 mata pelajaran muatan lokal baru tentang Budaya Nias Selatan bertujuan untuk menanamkan serta membangkitkan nilai-nilai budaya Nias Selatan agar masyarakat Nisel sadar dan selalu melestarikan budayanya apalagi Nias Selatan merupakan daerah tujuan wisata.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Disketapang Nisel Fokus pada Pelatihan Keterampilan

Hal ini dikatakan Kadis Pendidikan Nisel, Nurhayati Telaumbanua didampingi, Kabid PTK Yasatulo Lase, Kasubbag Pembantuan Disdik, Yaman Telaumbanua kepada wartawan, di Ruang Media Center DPRD, Rabu, (13/11/2019) saat memaparkan program untuk Tahun 2020 yang telah disepakati oleh Komisi I DPRD Nisel.

Ia menjelaskan, ada 4 mata pelajaran muatan lokal tersebut yakni, Bahasa Daerah Nias Selatan, Permainan Rakyat, Keseragaman pemakaian baju batik corak Nisel mulai dari siswa hingga guru dan pembelajaran membuat anyaman lokal bola-bola nafo (tempat sirih).

Disamping itu, Pemkab Nisel terus melanjutkan program pembebasan biaya pendidikan baik di luar daerah maupun dalam daerah. Bahkan, Mahasiswa Nisel yang lulus seleksi di perguruan tinggi negeri tahun ini juga dibiayai oleh Pemerintah Daerah.

Baca Juga: Disperindag Nisel Ajukan Program Pengawasan Pupuk Subsidi dan Penataan Pasar Jepang dan Korea

Penerimaan beasiswa utusan daerah dilakukan dengan cara seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang dituju dengan membuat proposal. Lalu, perguruan tinggi yang dituju juga terakreditasi B dan bagi mahasiswa wajib mendapatkan IP setelah menjalani kuliah sebesar 2,75.

“Besaran anggaran Dinas Pendidikan untuk Tahun 2020 yaitu sebesar 53 miliar. Sedangkan DAK Fisik SD dan SMP sebesar 44 miliar,” paparnya.

Dari besaran anggaran tersebut juga, sambung dia, termasuk didalamnya program peningkatan sumber daya manusia dan beberapa kegiatan lainnya.

Hadir saat itu, Ketua Komisi I DPRD Nisel, Memoris Fau, Wakil Ketua Komisi, Aldika Wau, Sekretaris Komisi, Biv. Tinanda Limbong, Sekwan Nisel, Firman Giawa.

Riswan Gowasa (Nawacitapost, Nias Selatan)

Comments are closed.