Dua Program Unggulan Disdukcapil Pelalawan, Berhasil dan Sukses Dilaksanakan

1
491
Dua program unggul pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan, berhasil diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan.
Dua Program Unggulan Disdukcapil Pelalawan, Berhasil dan Sukses Dilaksanakan

Pelalawan, NAWACITA – Dua program unggul pemerintah daerah Kabupaten Pelalawan, berhasil diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pelalawan.

Keberhasilan OPD ini merealisasikan dan menerapkan 2 Program unggul dibidang pelayanan Administrasi disdukcapil pelalawan, mendapat apresiasi karena programnya sangat memudahkan masyarakat memperoleh Administrasi kependudukan berupa KTP, KK, KIA, Akta Nikah dan lain-lain.

Baca Juga: Tim Kejari Pelalawan Eksekusi Terpidana Pelanggar UU. RI No 23 tahun 2002

Demikian program unggul Pemda ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pelalawan, Nifto Anin melalui Sekretaris Disdukcapil Pelalawan, Joni Naidi kepada media ini di ruang kerjanya. Selasa (12/11/2019).

Dua Program unggul Disdukcapil Pelalawan ini antara lain pelayanan administrasi dengan slogan 1 Jam selesai dan atau paling lama 1 hari siap dan langsung terintegrasi dan program ke-2nya yakni Inovasi Saber Menpro khusus memantu kepengurusan administrasi berupa KK, KTP, KIA dan Akta Nikah bagi ibu Hamil.

Untuk program Inovasi Saber Menpro tersebut khusus pengurusan administrasi bagi Ibu Hamil dengan pengurusannya adalah satu (1) berkas administrasi anak, minimal ada empat (4) produk kepengurusan akta lahir anak dan paling banyak sembilan (9) item.

Joni Naidi dalam keterangannya mengungkapkan bahwa program Inovasi Saber Menpro digagas dan dirancang oleh Diadukcapil Pelalawan, sejak Tahun Anggaran 2018 silam. Tujuan program ini, sebagai langkah pemerintah memangkas administrasi yang dinilai terlalu birokrasi dalam pelayanan pengurusan Administrasi kependudukan.

Mengenai sosialisasi program ini, jauh sebelumnya telah kita Expos. “Ya, kalau tidak salah, kita expos di Bappeda Pelalawan tahun 2018 lalu. Bahkan manfaat program ini juga dijabarkan oleh Kadisdukcapil, Nifto Anin melalui Sekretaris Disdukcapil Pelalawan, Joni Naidi pada waktu itu. Untuk lauchingnya kegiatan ini bersamaan di hari jadi Kabupaten Pelalawan tanggal 12 Oktober 2019 yang ke-20 Tahun lalu,” jelasnya.

Baca Juga: Polsek Pangkalan Kuras, Berhasil Amankan 3 Orang Pelaku Pencurian

Mengenai proses pengurusan Administarasi KTP, KK, KIA Akta Nikah dan Lain-lain sebagai khusus Ibu Hamil akan dilakukan oleh petugas Disdukcapil melalui Program Inovasi Saber Menpro dengan bekerjasama Rumah Sakit, Puskesmas, Bidan Kampung dalam mendapatkan data ibu hamilnya untuk menerbitkan KIA, KK, KTP, Akta Nikah melalui program Saber Menpronya.

Tidak, “Program unggul Inovatif Saber Menpro, tidak berlaku untuk seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan dan berlaku kepada seluruh Ibu Hamil,” ulasnya.

Deijelaskan Joni Naidi, “Program yang sudah berhasil memberikan kemudahan masyarakat dalam memperoleh data Administrasi kependudukan sangat diapresiasi masyarakat kabupaten pelalawan.

Mengenai penghargaan atas keberhasilan ini dari Pemda Pelalawan, tidak terlalu diharapkan. Cukup dengan pengakuan masyarakat dan diakui Pimpinan bahwa program tersebut akan membawa perubahan singnifikan sesuai visi misi Bupati Pelalawan.

“Bupati Pelalawan, H.M.Harris sangat mendukung dan begitu juga Ketua DPRD Pelalawan, Adi Sukemi ST,MM serta sejumlah Fraksi di Lembaga legislatif itu dan OPD turut apresiasi,” jelasnya bangga

Keberhasilan kita merealisasi program unggul ini membuat Disdukcapil Kabupaten Pelalawan meraih Juara I dalam Lomba Inovasi Antar OPD se-Kabupaten Pelalawan. “Lomba Inovasi ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Pelalawan pada 12 Oktober 2019 lalu,” ujarnya.

Yul (Nawacitapost, Provinsi Riau)

Comments are closed.