Gubernur Kaltara, Irianto Lambrie, Ambil Alih Penyaluran Beasiswa “Kaltara Cerdas 2019”

2
321
Pengelolaan bantuan bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui beasiswa
Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie, Ambil Alih Penyaluran Beasiswa "Kaltara Cerdas 2019"

Tanjung Selor, NAWACITA – Pengelolaan bantuan bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui beasiswa “Kaltara Cerdas 2019”  diambil alih penyalurannya oleh Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, mulai Rabu (30/10/2019).

Baca Juga: Bangun Semangat Kebangsaan dalam Keberagaman, Gema INTI adakan Kaderisasi
Irianto Lambrie

Gubernur Kalimantan Utara dalam pernyataannya kepada awak media, mengatakan bahwa “Program ini merupakan kali pertama dikelola oleh Pemprov Kaltara langsung. Hal ini dilakukan, karena ada dugaan penyimpangan dalam pengelolaan dana oleh oknum di Dewan Pendidikan Kaltara. ” Selasa (29/10/2019).

Sebagaimana dilansir dari antaranews, Irianto menegaskan bahwa penyaluran beasiswa Kaltara Cerdas dipercepat dan diambil alih pengelolaannya oleh Pemprov Kaltara.

“Meski pengelolaan anggaran Kaltara Cerdas dilakukan Pemprov Kaltara, namun permohonan beasiswa tetap diajukan kepada Dewan Pendidikan Kaltara,” kata Gubernur, sebagaimana juga sebelumnya disampaikan oleh Asisten I Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltara Sanusi.

Pemprov Kalimantan Utara mengalokasikan anggaran Rp12 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019.

“Insya Allah, sekitar 2.500 hingga 4.000 pemohon akan diakomodir untuk menerima bantuan Kaltara Cerdas tahun ini. Target Pemprov pada November 2019 sudah dapat terealisasi penyalurannya secara keseluruhan, agar sebelum akhir tahun anggaran sudah dapat direalisasikan.” jelas Irianto.

Baca Juga: Kunjungan Kerja dan pengarahan Kakanwil kepada Pegawai Lapas Manado

Terkait penyalurannya, Tim koordinasi dari Pemprov Kaltara juga akan melakukan verifikasi ulang terhadap usulan permohonan beasiswa Kaltara Cerdas 2019. Dewan Pendidikan Kaltara akan didampingi Tim Koordinasi Penyaluran Beasiswa Kaltara Cerdas, termasuk Inspektorat Kaltara sebagai tim audit pengelolaan anggaran tersebut. Sehingga penyaluran bantuan tersebut akan lebih cepat dan tepat sasaran dan terhindar dari kemungkinan terjadinya permasalahan hukum di kemudian hari. , harap Gubernur.

Pada 2016 anggaran Kaltara Cerdas yang dialokasikan senilai Rp7,27 miliar untuk 1.483 orang. Lalu, pada 2017 anggarannya naik menjadi Rp10,97 miliar untuk 2.373 orang. Tahun 2018, anggaran yang disediakan senilai Rp 11 miliar untuk 4.690 orang.

Comments are closed.