Menempati Gedung Baru, Disdukcapil Nias Utara Gelar Doa Syukuran

1
704
Menempati gedung baru, Disdukcapil Nias Utara laksanakan doa syukuran, di desa Lawira Satua, Lotu. Rabu (30/10/19)
Menempati Gedung Baru, Disdukcapil Nias Utara Gelar Doa Syukuran

Nias Utara, NAWACITA – Menempati gedung baru, Disdukcapil Nias Utara laksanakan doa syukuran, di desa Lawira Satua, Lotu. Rabu (30/10/19).

Doa syukuran yang digelar oleh Disdukcapil Nias Utara, turut hadir pada acara tersebut Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara , Sekretaris daerah Yafeti Nazara, Kepala Kejari Gunungsitoli Futin Helena Laoli, SH., MH , Para Asisten, Ketua Tim Penggerak PKK Dermawani M Ingati Nazara, seluruh Kepala OPD, juga turut hadir Pastor Paroki BMK Lahewa, Robert Waruwu,OFM Cap. Camat Lotu, Kepala Desa Lawira Satua, para penghibah tanah, Kadisdukcapil beserta seluruh staf, serta beberapa tokoh masyarakat.

Baca Juga: Tiga Bulan Lebih, Mobil Rescue BPBD Nias Utara Hilang Jejak

Acara diawali dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Kadisdukcapil, Krispinus Baeha, SH, selanjutnya disusul dengan menyajikan sekapur sirih secara adat Nias. Acara doa syukuran dipimpin oleh pastor Robert Waruwu, OFM Cap, Pastor Paroki MBK Lahewa.

Selanjutnya disusul oleh sambutan Kajari Gunungsitoli, kemudian penghibah tanah, diakhiri dengan arahan dan bimbingan dari Bupati Nias Utara sekaligus membagikan Kartu Identitas Anak (KIA) secara simbolis kepada beberapa siswa/i SD dan SMP.

Krispinus dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak pemerintah, terlebih kepada Bupati Nias Utara yang telah memberikan fasilitas gedung baru Disdukcapil yang terlihat megah, bagus, dan memadai. Baeha juga mengucapkan terima kasih kepada penghibah tanah, sehingga lokasi yang dihibahkan dapat bermanfaat bagi pemerintah Nias Utara.

Dalam laporannya, Krispinus menyampaikan perkembangan kegiatan Disdukcapil selama ini.  Dimana, saat ini disdukcapil sudah dapat mengatasi masalah kesulitan warga dalam mengurus administrasi identitas warga. Masyarakat yang mengurus KK, KTP, AKTA lainnya tidak menunggu lama lagi.

Krispinus menjelaskan bahwa Disdukcapil Nias Utara saat ini telah melakukan pendataan dengan sistem jemput bola, yang artinya Disdukcapil secara langsung mendatangi desa-desa, dan sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman. Sekaligus memberikan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat melalui pemberitahuan kepada para kepala desa, gereja-gereja bahwa administrasi kependudukan sangat penting bagi masyarakat seperti KK, KTP, Akta kelahiran/kematian.

Baca Juga: Disdukcapil Nias Utara Laksanakan Perekaman e-KTP di Tiga Sekolah Sekaligus

Dalam arahannya Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara,  mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana doa syukuran sehingga acara yang dilaksanakan bisa terlaksana dengan baik. Bupati secara khusus mengucapkan terima kasih kepada para penghibah tanah yang telah bersedia menghibahkan tanahnya untuk dijadikan sebagai aset pemerintah daerah. Beliau memuji kinerja Disdukcapil yang mampu melakukan pelayanan prima kepada masyarakat, dan menitip pesan agar disdukcapil dapat lebih giat lagi dalam melakukan pelayanan masyarakat.

Bupati menegaskan bahwa Nias Utara kedepan mampu menjadi daerah yang memiliki daya saing dan tertib administrasi. Nias Utara termasuk daerah yang pesat dengan pembangunan di segala bidang. Bupati berharap agar pihak OPD selalu siap menjalankan amanah untuk kepentingan masyarakat Nias Utara.

Diakhir arahannya Bupati melakukan pembagian Kartu Identitas Anak (KIA) secara simbolis kepada sejumlah siswa/i SD dan SMP.

Gazali Zega (Nawacitapost, Nias Utara)

Comments are closed.