Jelang Pilkades Serentak 2019, Polres Bersama Pemda Nisel Gelar Deklarasi Damai

0
190
Menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak 2019 di Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Nisel bersama Polres Nisel gelar deklarasi damai kepada 10 kecamatan yang akan melaksanakan pilkades serentak yang dimulai tanggal 8 November 2019 mendatang
Jelang Pilkades Serentak 2019, Polres Bersama Pemda Nisel Gelar Deklarasi Damai

Teluk Dalam, NAWACITA – Menjelang Pemilihan Kepala Desa serentak 2019 di Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Daerah Kabupaten Nisel bersama Polres Nisel gelar deklarasi damai kepada 10 kecamatan yang akan melaksanakan pilkades serentak yang dimulai tanggal 8 November 2019 mendatang.

Acara deklarasi pemilihan kepala desa tersebut dilaksanakan dilapangan Orurusa Teluk dalam, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga: Raih Suara Terbanyak dalam Pemilu 2019, DPC PDI Perjuangan Gunungsitoli Raih 6 Kursi di DPRD

Pelaksanaan Deklarasi Damai Pilkades tersebut diwakili oleh beberapa Kecamatan, diantaranya: Kecamatan Telukdalam, Fanayama, Luahagundre, Maniamolo, Amandraya, Toma, Onolalu, Mazino, Aramo, Ulususua.

Dalam acara tersebut turut hadir Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH., MH, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S. I. K, Danlanal Nias Jan Lucky Boy Siburian, Anggota DPRD Nisel Memoris Wau, SH, Kadis PMD Albert Duha, SP, Para Camat, Para Cakades, dan Panitia Pilkades.

Dalam arahannya, Kapolres Nisel AKBP I Gede Nakti Widhiarta, S. I. K mengatakan bahwa deklarasi damai ini sengaja kami laksanakan oleh Polres Nisel dan telah berkoordinasi kepada bupati nias selatan bahwa sebelum pilkades perlu dilaksanakan deklarasi bersama, yaitu deklarasi damai, Pungkasnya.

Orang nomor satu dijajaran Polres Nisel itu, menyampaikan bahwa tujuan dari pada deklarasi tersebut untuk menyatukan pikiran, membuat kesepakatan bersama para cakades bahwa nanti dalam pelaksanaan pilkades ini semua cakades mempunyai komitmen bersama untuk menjaga dan mewujudkan pelaksanaan pilkades yang aman, dan damai serta tidak ada yang ribut dan konflik antara cakades, Pinta Kapolres Nisel itu.

Pilkades ini untuk memilih calon – calon pemimpin masa depan masing – masing desa, dan diharapkan calon – calon pemimpin desa ini harus memiliki kedewasaan, kemampuan, kesabaran dalam menghadapi setiap permasalahan yang nanti muncul didesanya masing -masing, harap Kapolres Nisel itu.

“Sejak awal nanti mampu menunjukkan kesabaran, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan menyelesaikan masalah yang dihadapi menjelang pelaksanaan Pilkades di Nisel “, Tuturnya.

Baca Juga: Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 25 Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Berjalan dengan Sukses

Ia juga berharap dan menghimbau kepada seluruh Cakades bisa mengendalikan para massa pendukungnya, dan dalam kompetisi ini memiliki integritas, serta komitmen untuk tidak melakukan kecurangan dan hal – hal lain yang dapat mengganggu pelaksanaan pilkades serentak ini, Imbuh Komandan Polres Nisel itu.

Juga kepada para Panitia Pilkades di setiap desa, agar dalam melaksanakan tugasnya bisa menjaga netralitas, integritas, dan tidak ada yang melakukan kecurangan, karena pihaknya tidak mau nanti muncul masalah dari panitia, dan ini sangat rawan apabila panitia curang dan tidak jujur dalam melaksanakan tugasnya, Harap Kapolres.

Penandatanganan Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2019

Inilah bunyi naskah deklarasi damai pilkades yang ditandatangani para cakades tersebut, yaitu :

1. Mewujudkan Pilkades 2019 yang berkualitas berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur adil, damai serta menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi.
2. Mewujudkan harmonisasi dalam kehidupan masyarakat nisel baik dalam kehidupan beragama, politik, ekonomi , sosial, dan budaya baik sebelum, selama dan sesudah pilkades 2019.
3. Senantiasa tunduk dan patuh kepada peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkades 2019 serta akan menjaga keamanan dan ketertiban dalam setiap pilkades 2019 dan nengarahkan massa pendukung untuk menaati peraturan yang berlaku.
4. Menyelesaikan masalah yang terjadi sesuai dengan peraturan serta menghindari segala bentuk kekerasan, intimidasi dan provokasi untuk meraih kemenangan.
5. Tidak melakukan praktek jual beli suara, manipulasi suara dan penyuapan kepada pemilih dan penyelenggara pemilihan dalam bentuk apapun.
6. Menghormati dan menerima hasil pemilihan kepala desa tahun 2019

Seusai upacara digelar, Bupati Nisel bersama Forkopimda Nisel lainnya dan diikuti seluruh Cakades membubuhkan tandatangan dilembaran naskah deklarasi yang telah disediakan oleh pihak Polres Nisel.

Riswan Gowasa (Nawacitapost, Nias Selatan)