Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 Tahun di Kabupaten Nias Selatan, dipimpin oleh Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH., MH., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara
Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha: Pemuda adalah Masa Depan Bangsa dan Negara

Telukdalam, NAWACITA – Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 Tahun di Kabupaten Nias Selatan, dipimpin oleh Bupati Nisel Dr. Hilarius Duha, SH., MH., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Dan komandan upacara dipimpin oleh perwakilan Organisasi Mahasiswa, dalam hal ini GMKI.

Upacara Peringatan HSP tersebut dilaksanakan di lapangan Orurusa Telukdalam, Senin (28/10/2019).

Baca Juga: Tegas dan Transparan, Bupati Nisel Hilarius Duha Kawal Dugaan Korupsi NOD

Dalam acara tersebut, turut hadir Wakil Bupati Nisel, Sozanolo Ndruru, Ketua DPRD Nisel Elisati Halawa, ST, Wakil Ketua DPRD Nisel Fa’atulo Sarumaha, S. IP, Danlanal Nias Jan Lucky Boy Siburian, Kajari Nisel, Rindang Onasis, SH, Waka Polres Nisel Kompol Martin L. Dachi, Sekda Nisel Ikhtiar Duha, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD lingkup Pemkab Nisel.

Juga diikuti oleh TNI – Polri, ASN, Mahasiswa, Pemuda Pancasila, Siswa SMK, dan SMP.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI dalam sambutannya yang disampaikan oleh Bupati Nisel menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada tokoh pemuda Tahun 1928, yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Hal ini menjadi pelopor Pemuda dalam mewujudkan Kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI, ucap Duha.

Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini adalah “Bersatu Kita Maju”. Tema ini dimaksudkan untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Hilarius menambahkan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi, ibarat dua sisi  mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun di sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, dimana informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya.Maka, pemuda mesti berada di garis terdepan untuk membendung dan memfilternya melalui ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Baca juga :  Integrasi Pendidikan Lalu Lintas dalam Pelajaran PKn

“Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan kinerja. Pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni. Pada akhirnya, pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional”, tutur Duha.

Baca Juga: Viral! Pemerintah Nias Selatan Raih WDP Setelah 15 Tahun Disclaimer

Tema “Bersatu Kita Maju”, sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa. Tetapi bagi pemuda, ini menjadi keharusan yang tidak boleh ditawar. Karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia”, tegas Duha.

Riswan Gowasa, (Nawacitapost, Kabupaten Nias Selatan)

Comments are closed.