DPC Bara JP mengadakan Lomba Pidato Kebangsaan di berbagai tingkat peserta lomba di Taman Kota Gunungsitoli. Sabtu (26/10).
Peringati Hari Sumpah Pemuda, DPC Bara JP Gunungsitoli adakan Lomba Pidato Kebangsaan

Gunungsitoli, NAWACITA – DPC Bara JP mengadakan Lomba Pidato Kebangsaan di berbagai tingkat peserta lomba di Taman Kota Gunungsitoli. Sabtu (26/10).

Lomba pidato kebangsaan ini sebagai bagian dari peran Pemuda dalam menyambut hari Peringatan Sumpah Pemuda 1928 yang ke-93, dengan tema “Peningkatan Karakter Pemuda Dalam Mewujudkan NKRI Unggul”.

Baca Juga: Siapkan SDM Unggul dan Terampil, Desa Mudik adakan Pelatihan bagi Warga

Kegiatan ini dimulai dengan lagu Kebangsaan ‘Indonesia Raya’ di Taman Kota Gunungsitoli.  Ketua Panitia Kegiatan DPC Bara JP Kota Gunungsitoli, Markus Hulu mengawali sambutannya dengan menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan Turnamen yang telah di laksanakan pada tanggal 12 Oktober yang lalu dan finalnya pada 27 Oktober 2019.

Ketua DPC Bara JP Kota Gunungsitoli, Markus Hulu menegaskan bahwa lomba Pidato Kebangsaan ini merupakan upaya untuk mengeksplorasi potensi kaum muda dalam memahami dan  mempertahankan kemandirian serta kreatifitas dalam membangun Identitas Kebangsaan sebagai NKRI.

Jas Merah (Jangan Melupakan Sejarah). Menyitir perkataan Bapa Bangsa Soekarno,  Markus Hulu mengajak Pemuda/i untuk memabngkitkan semangat juang.

Pemerintah Kota Gunungsitoli, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Ir. Agustinus Zega, meyambut baik dan mengapresiasi egiatan tersebut.

“Kami mengucapkan kepada DPC Bara JP Kota Gunungsitoli yang memberikan hati bagi pembinaan generasi muda. Khususnya kaum muda yang ada di gunungsitoli untuk senantias memperkokoh kesatuan bangsa. Sumpah Pemuda ini mengingatkan kita akan sejarah perjuangan kamu muda dalam merebut kemerdekaan RI. Semoga hal itu menjadi langkah untuk memperkokoh semangat juang kita di zaman modern ini” harap Agustinus.

Sekda Kota Gunungsitoli, juga tidak lupa mengingatkan para pemuda bahwa saat ini kesatuan kita di uji. Dimana, saat ini ancama ekstrimisme, radikalisme, intoleransi, politik identitas sedang mengintai kita. Waspadalah, tegas Sekda.

Baca juga :  Elisati Halawa : Program Pemerintah Nisel Tahun 2020 Berorientasi Revolusi Mental

Peserta Lomba Pidato Kebangsaan ini, berasal dari Tingkat SMA/SMK maupun Tingkat Perguruan Tinggi di Kota Gunungsitoli. Dan 3 Orang Juri yakni: A’A Gulo, SH., MH, Samsul P. Zai, SH., MH, dan Fatolosa Hulu. SE., MM.

Kegiatan berjalan dengan baik. Tampak hadir dalam kegiatan Lomba Pidato Kebangsaan ini mewakili Polres Nias, mewakili Dadim Nias 0213, dan undangan Andrianus Zega dan elemen masyarakat.

Jurdil Laoli, S.Pd (Nawacitapost, Gunungsitoli)

Comments are closed.