Gonjang-Ganjing Status Akreditasi Salah Satu PTS di Nias, Mahasiswa Khawatir
Gonjang-Ganjing Status Akreditasi Salah Satu PTS di Nias, Mahasiswa Khawatir

Gunungsitoli, NAWACITA – Beredarnya Surat Pemberitahuan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kab. Nias Utara melalui Badan Kepegawaian Daerah, Nomor 800/3364/4-BKD/2019 tertanggal 23 Oktober 2019, tentang pemberitahuan kepada ASN di lingkup Pemerintahan Daerah Nias Utara yang telah mengajukan permohonan izin belajar atau pun sedang menempuh pendidikan di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) milik Yayasan salah satu Pemerintah Daerah di Kepulauan Nias tidak dapat diproses sampai memenuhi ketentuan yang di atur berdasarkan surat edaran Menteri PAN dan RB RI Nomor 04 Tahun 2013.

Baca Juga: Siapkan SDM Unggul dan Terampil, Desa Mudik adakan Pelatihan bagi Warga

Surat pemberitahuan ini juga dikuatkan oleh balasan surat dari Kopertis Wilayah I nomor 8/464/L.1.2.1/KB 06.02/2019 tertanggal 16 Oktober 2019 perihal penjelasan atau pun pemberitahuan bahwa program studi manajemen (S-1) salah satu PTS tersebut terakreditasi “C” dan Prodi Akuntansi (Diploma 3) vokasi TIDAK TERAKREDITASI.

Menurut salah seorang mahasiswa PTS yang juga pimpinan salah satu organisasi kemahasiswaan di tingkat PTS tersebut, yang enggan menyebutkan namanya, mengungkapkan isi surat pemberitahuan tersebut kepada tim nawacitapost pada Sabtu, 26 Oktober 2019,

“Benar, surat pemberitahuan dari BKD Nias Utara telah beredar banyak dikalangan mahasiswa, dishare melalui pesan elektronik” . Sebagian mahasiswa mulai resah dan gelisah, sebab sebelum mendaftar di PTS tersebut berdasarkan Brosur Pendaftaran termuat bahwa kedua Prodi terakreditasi “B” ungkapnya.

Di tempat berbeda, tim nawacitapost terus melakukan konfirmasi atas beredarnya surat tersebut. Menurut Ketua DPC GMNI Gusit – Nias Yaseroro Zendrato, yang berstatus mahasiswa di PTS tersebut mengungkapkan “Isu akreditasi telah lama disuarakan oleh mahasiswa” namun adanya kesan lambat dan tidak serius dari pihak rektorat maupun yayasan untuk memenuhi persyaratan akreditasi, sehingga kepentingan mahasiswa terabaikan.

Baca juga :  Kadivpas Kemenkumham Jabar Ikut Saksikan Ikrar Setia Kepada NKRI Oleh 10 Napi Tindak Pidana Terorisme LPN Gn. Sindur
Baca Juga: DPD MUKI Gunungsitoli, Bersyukur atas Peran Ono Niha dalam Pemerintahan RI

Akreditas Prodi Manajemen dari B berubah Ke C, menurut kami sudah tidak diragukan lagi. Hal ini didasarkan oleh informasi surat resmi dari BKD Nias Utara, dan juga Informasi yang disampaikan melalui website resmi BAN PT yang menyertakan tanggal terbit SK 09 Oktober 2018 dengan Peringkat C dan berlaku hingga 12 Desember 2020, Kami sebagai mahasiswa menunggu kepastian, dan jangan sampai ada indikasi mengulur waktu dan mengorbankan kepentingan mahasiswa maupun alumni, mengakhiri pernyataannya.

Sampai terbitnya berita ini, tim nawacitapost terus melakukan kordinasi dan konfirmasi baik kepada pihak kampus maupun kepada pihak yayasan.

Alexius Telaumbanua (Nawacitapost, Gunungsitoli)

Comments are closed.