Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Pontianak, meluncurkan program pembuatan kartu Identitas bagi anak-anak binaannya
LPA Pontianak, Fasilitasi Anak dapat Kartu Identitas dan Pelatihan Keterampilan

Kuburaya, NAWACITA – LPA Pontianak, Fasilitasi Anak dapat Kartu Identitas dan Pelatihan Keterampilan. Lembaga Pemasyarakatan Anak (LPA) Pontianak, meluncurkan program pembuatan kartu Identitas bagi anak-anak binaannya. Hal ini dimaksudkan, agar anak-anak setelah selesai masa tahanan di Lapas memiliki kepercayaan diri yang besar saat berinteraksi dengan lingkungan sosial yang baru (26/10/2019).

Baca Juga: Rumas Dinas Pegawai Rutan Kelas II B Sanggau Butuh Peremajaan

“Kita berusaha, setelah keluar dari Lapas Anak ini, mereka semuanya sudah memiliki kartu identitas, seperti KTP maupun Akte Kelahiran.” Demikian dijelaskan Robert, S.IP. Plh Kalapas Anak Pontianak didampingi Ajib Rasisdi Kasi Pembinaan 25/10 saat media ini berkunjung ke Kantornya.

Selain program pembuatan Kartu Identitas, LPA juga memiliki program untuk mengasah keterampilan anak dengan mengajarkan bagaimana membuat barang-barang kerajinan seperti miniatur kapal layar, kapal bandung, boneka-bonekaan dan juga asbak rokok.

Sementara, untuk pelatihan komputer, pihak Lapas bekerjasama dengan BSI.

“Kita juga ada kerjasama dengan BSI Pontianak untuk pelatihan komputer bagi anak binaan. Selesai masa pembinaan mereka diberikan sertifikat. Termasuk kerjasama dengan lembaga pendidikan luar sekolah baik itu paket A,B, dan C.” jelas Ajib Rasidi.

Kegiatan lainnya seperti olahraga, dan pembinaan rohani. Dari pantauan nawacitaposy, di dalam Lapas terdapat Mesjid dan Gereja yang cukup memadai sebagai tempat pembinaan iman dan tempat beribadah mereka.

“Sebenarnya anak disini sudah enak, mereka tidak ada beban. bebannya hanya rindu orang tua.” Ungkap Ajib Rasidi.

Dijelaskan juga banyak lembaga-lembaga yang peduli, berkunjung bahkan memberi sumbangan kepada lembaga.

Armend/Kun (Nawacitapost, Kalimantan Barat)

Baca juga :  DPD KNPI Gunungsitoli, Apresiasi Program Pro-Rakyat Walikota Gunungsitoli

Comments are closed.