BKD Kabupaten Nias : Formasi Penerimaan CPNS tahun 2019 hanya 227 Orang

2
5625
Untuk diketahui bersama, bahwa formasi CPNS 2019 cenderung lebih banyak di bidang tenaga pendidik (guru) dan kesehatan dibanding bidang lainnya
BKD Kabupaten Nias : Formasi Penerimaan CPNS tahun 2019 hanya 227 Orang

Nias, NAWACITA – Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Nias, Marulam Sianturi, SE., memastikan bahwa formasi penerimaan CPNS untuk tahun ini hanya akan menerima sebanyak 227 orang.

Baca Juga: 3 Ranperda APBD 2020 Kabupaten Nias Mendapat Persetujuan DPRD

Marulam Sianturi, saat ditemui oleh nawacitapost di kantornya, menjelaskan bahwa, awalnya Pemkab Nias mengusulkan CPNS sebanyak 231, kepastian formasi CPNS tersebut berdasarkan surat Menpan RB nomor: B/1007/S.SM.01/00/2019, tanggal 1 Oktober 2019, perihal jadwal pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS formasi 2019.

Namun terjadi perubahan setelah rapat pada tanggal (17/10/19) di kantor Menpan R/B di Jakarta, dan diputuskan sebanyak 227 orang. Marulam memperkirakan bahwa seleksi CPNS ini akan dilaksanakan pada akhir tahun ini, yang didahului dengan seleksi administrasi.

Sedangkan pelaksanaan seleksi kemampuan dasar (TKD), dan test kemampuan bakat (SKB) dilaksanakan pada bulan Fembuari dan Maret 2020.

“Untuk sementara petunjuk teknisnya (juknis) masih belum turun, namun kepastian rekrutmen sudah jelas” ujar Marulam.

Selanjutnya, Marulam menjelaskan, bahwa pelaksanaan CPNS tahun ini tak ubahnya seperti tahun sebelumnya. Dilaksanakan secara serentak seluruh indonesia.

Marulam memperkirakan, pihaknya akan kewalahan melayani pelamar pada saat itu,  mengingat peminatnya membludak. Namun, Marulam tetap yakin siap untuk melaksanakan.

Baca Juga: DPD MUKI Gunungsitoli, Bersyukur atas Peran Ono Niha dalam Pemerintahan RI

Untuk diketahui bersama, bahwa formasi CPNS 2019 cenderung lebih banyak di bidang tenaga pendidik (guru) dan kesehatan dibanding bidang lainnya.

Diakhir penjelasannya, Marulam menyampaikan bahwa idealnya kebutuhan ASN di lingkup Pemkab Nias sebanyak 5.000 orang. Akan tetapi mengingat keterbatasan anggaran, maka jumlah ASN saat ini hanya sekitar 2.843 orang.

Sisca Tel (Nawacitapost, Kabupaten Nias)

2 KOMENTAR

Comments are closed.