Program Asimilasi di Rutan Kelas II B Sanggau, Didik Warga Binaan Menjadi Terampil

2
114
Program asimilasi ini seperti diungkapkan oleh  Kepala Rutan Kelas II B Sanggau Isnawan, Amd.,IP., SH., MH., sebagai upaya untuk mendidik warga binaan menjadi terampil
Program Asimilasi di Rutan Kelas II B Sanggau, Didik Warga Binaan Menjadi Terampil

Sanggau, NAWACITA – Program Asimilasi di Rutan Kelas II B Sanggau, Didik Warga Binaan Menjadi Terampil. Program ini seperti diungkapkan oleh  Kepala Rutan Kelas II B Sanggau Isnawan, Amd.,IP., SH., MH., sebagai upaya untuk mendidik warga binaan menjadi terampil, terutama saat mereka keluar dan memulai pembauran sosial dengan masyarakat lainnya (Kamis, 24/10/2019).

Lembaga Pemasyarakatan (atau Rutan) memang memiliki tugas untuk mencari cara yang kreatif dan bernilai untuk membina warga binaannya menjadi manusia yang lebih baik, sukses dan bisa menata hidup mereka. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan moril bagi warga binaan agar semakin percaya diri dan merasa berharga.

Kalapas Rutan Kelas II B Sanggau, Isnawan

“Kita memiliki program asimilasi di Rutan Kelas II B Sanggau. Lewat program ini ada beberapa kegiatan yang dilakukan narapidana, seperti melakukan kerja bakti. program ini  juga kita lakukan dalam bentuk kerjasama dengan pihak Pemda Sanggau, dengan membersihkan tempat wisata Santana, belajar membuat batako, memelihara ikan di keramba dan juga berkebun.” tutur Isnawan.

Kegiatan ini menurut Isnawan, selain membuat mereka terampil, juga dimaksudkan untuk menyiasati rutan yang saat ini sudah over kapasitas. Dengan asimilasi, kepadatan dapat dikurangi sekitar 20-an orang.

Kegiatan asimilasi dilakukan di sekitar Rutan mulai Pukul 07.30 spd pukul 17.00. dengan pengawalan ketat petugas Rutan.

Armend/Kun (Nawacitapost, Kalimantan Barat)

Comments are closed.