Realisasi APBD 2019 baru 48,30%, Pemkab Sekadau adakan RAKOR untuk Percepatan

2
87
Sampai bulan September 2019 ini, penyerapan APBD t.a. 2019 Kabupaten Sekadau baru mencapai 48,30 %. Dilihat dari target, capaian ini tergolong rendah.
Realisasi APBD 2019 baru 48,30%, Pemkab Sekadau adakan RAKOR untuk Percepatan

Pontianak, NAWACITA – Sampai bulan September 2019 ini, penyerapan APBD t.a. 2019 Kabupaten Sekadau baru mencapai 48,30 %. Dilihat dari target, capaian ini tergolong rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi dan langkah-langkah percepatan, salah satunya dengan melaksanakan RAKOR (Rapat Koordinasi) Pelaksanaan Penyerapan Anggaran Akhir Tahun 2019. (17/10/2019).

Baca Juga: Sambut Hari Sumpah Pemuda, Paguyuban Lintas Etnis di Kalbar Jalin Silaturahmi

Kegiatan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kab. Sekadau yang dilaksanakan di Hotel Gajah Mada Pontianak ini, dibuka langsung oleh Bupati Sekadau Rufinus.

“Sampai saat ini penyerapan APBD kita baru mencapai 48,30 %. Sebagai upaya percepatan, untuk itu kita melaksanakan Rakor ini. Dilihat dari target, capaian 48,30 % memang masih termasuk rendah. Sehingga diperlukan strategi dan langkah-langkah untuk percepatan.” kata Bambang Darmawan, Staf Ahli Bidang Ekonomi.

Saat ditanya terkait apa yang menjadi kendala, Bambang menjelaskan, bahwa proses dan regulasi yang mesti melewati lembaga-lembaga terkait, inilah yang dirasakan cukup menghambat dan menjadi kendala.

Tapi, dengan Rakor yang dilaksanakan hari ini, Bambang yakin semuanya bisa diatasi dan target bisa tercapai.

Menurut Bambang, langkah lain yang cukup strategis untuk dilakukan adalah melalui Perbup. Bupati Sekadau, Rufinus sudah mengeluarkan Perbup No. 309 Tahun 2019. Perbup ini diharapkan mampu membantu percepatan penyerapan Anggaran. Selain itu, masing-masing instansi dihimbau untuk mereview pengeluaran keuangannya dan disesuaikan dengan Perbub No. 60 Tahun 2017. Soal bagaimana teknisnya,  biarlah masing-masing instansi mencari solusianya.

Kun (Nawacitapost, Kalimantan Barat)

Comments are closed.