Ratusan Pengungsi Kembali ke Kabupaten Jayawijaya

2
6
Ratusan Pengungsi Kembali ke Kabupaten Jayawijaya

NAWACITA– Ratusan orang pengungsi Wamena yang berada di Kota Jayapura, Papua, memutuskan kembali ke Kabupaten Jayawijaya. Mereka meyakini situasi di daerah tersebut sudah kondusif pascakericuhan 23 September 2019 lalu.

Para pengungsi ini tiba di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dengan pesawat Hercules milik TNI AU dari Lanud Silas Papare. Banyak dari mereka merupakan pelajar yang ingin melanjutkan kembali pendidikan mereka, apalagi akan ada ujian tengah semester (UTS).

BACA JUGA : AHY Siap Masuk Kabinet Presiden Joko Widodo

Para pelajar ini juga mendapat tas dan sepatu serta alat tulis dari Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso, barang-barang ini merupakan sumbangan dari berbagai pihak yang diakomodasi Lanud Silas Papare.

“Kami punya posko-posko pengungsian di Sentani dan Jayapura. Setiap sore akan kami kumpulkan datanya, berapa yang mau kembali ke Wamena,” kata Danlanud Tri Bowo di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (12/10/2019).

BACA JUGA: Sambut HUT ke-20, Festival “Siak Bermadah” dihadiri Gubernur Riau

Namun, pengungsi yang terkumpul harus berjumlah 70 orang. Setelah itu, mereka akan diterbangkan ke Kabupaten Jayawijaya. Bila kurang dari jumlah tersebut, pihak Lanud akan menunggu hingga esok hari.

Hingga saat ini, ada ribuan pengungsi di berbagai posko yang tersebar di Kota Jayapura. Beberapa dari mereka memilih pulang ke kampung halamannya dengan pesawat atau kapal laut, dan memutuskan enggan kembali ke Wamena.

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here