2 Orang Balon Kades Desa Teluk Bakung, Langgar Tatib
2 Orang Balon Kades Desa Teluk Bakung, Langgar Tatib

Kubu Raya, NAWACITA – Pilkades Desa Teluk Bakung Kec. Sui Ambawang, Kab.Kubu Raya, bakal berbuntut panjang. Hal tersebut karena salah satu balon, Rita Dihales keberatan dan komplain atas dua balon yang menurutnya melanggar tatib yang sudah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD). (Jumat, 11/10/2019).

Baca Juga: Kodam XII/Tanjungpura Bersama Tokoh Lintas Etnis adakan FGD bahas Karhutla

Keberatan pertama, menurut Rita, salah satu balon melanggar tatib No 2, yang berbunyi setiap balon harus melampirkan foto copy ijazah mulai SD sampai ijazah terakhirnya. Sedangkan balon ini, ijazah SD nya hilang. Saat mendaftar Balon bersangkutan hanya menggunakan surat keterangan hilang dari Polisi dan Dinas Pendidikan saja, tanpa melampirkan foto copy ijazah sesuai dengan tatib yg ada.

Poin kedua, tatib yang dilanggar yaitu tatib No. 5 yang berbunyi setiap balon memiliki surat keterangan bertempat tinggal paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran dari rukun tetangga/rukun warga dan kepala desa setempat. Salah satu balon tidak memiliki surat tersebut, sehingga secara administratif tidak memenuhi syarat sebagai balon kades.

Rita berharap kedua balon tersebut digugurkan saja dari daftar balon,

“Saya berharap dua bakal calon yang tidak memenuhi syarat administrasi dan melanggar tatib tersebut digugurkan saja oleh PPKD.” Demikian dijelaskan Rita kepada Media ini 11/9 dalam wawancara yang dilakukan di rumahnya.

Atas keberatan tersebut, ia menyampaikan surat keberatannya ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. Kubu Raya.

Pilkades Desa Teluk Bakung, direncanakan dilaksanakan tgl 16 Nopember 2019. Tgl 14/9 dilaksanakan fit and proper test para balon. Dari 6 balon, akan digugurkan 1 sehingga kandidat yang betarung di Pilkades Desa Teluk Bakung hanya lima orang saja.

Baca juga :  Wabup Siak Ikuti Sosialisasi PKD Sebagai Bagian Dari Penyelenggaraan PKN

Armend/Kun (Nawacitapost, Kalimantan Barat)